Peran Babinsa Dibalik Layar TMMD Ke- 120 Kodim 0302/Inhu

Peran Babinsa Dibalik Layar TMMD Ke- 120 Kodim 0302/Inhu

 Kuansing- Peran Babinsa Dibalik Layar TMMD Ke- 120 Kodim 0302/Inhu Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan keterpaduan antara TNI bersama pemerintah daerah sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Bintara Pembina Desa (Babinsa) mempunyai peran vital dalam pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Hal itu dikarenakan Babinsa adalah ujung tombak satuan teritorial. Mereka cukup paham tempat-tempat mana saja yang menjadi sentral titik pemerataan pembangunan desa binaannya. Tak hanya itu, selama ini para Babinsa jugalah yang paling dekat dengan warga masyarakat.

    TMMD ini sebenarnya bukan hanya semata-mata membantu pemerataan pembangunan di pedesaan, akan tetapi juga berfungsi untuk menjalin kerja sama yang baik antara TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat.

    Seperti pelaksanaan TMMD ke 120 Kodim 0302/Inhu yang berlangsung di Desa Redang ini. Serda Edi Putra Rianto selaku anggota Koramil 01/Rengat  berperan sangat penting dalam pelaksanaan TMMD ini karena Babinsa yang mengetahui situasi dan kondisi masyarakat serta kondisi wilayah. 

    Serda Edi Putra Rianto menyampaikan kondisi wilayah Desa Redang dengan luas wilayah mencapai 355 Ha dan jumlah penduduk sekitar 4.853 ini dataran rendah berbukit dengan kondisi lahan pertanian yang subur. Wilayah Desa Redang yang terdiri dari 23 RT dan 6 RW sebagian besar penduduknya merupakan petani dan berkebun dengan tanaman kelapa sawit dan tanaman karet sebagai tanaman pokok. Hal ini dikarenakan kondisi geografis yang di perbukitan dengan lahan yang cocok ditanami kelapa sawit dan karet.

    "Pelaksanaan program TMMD ini sangat didukung baik dari pemerintah Desa Redang dan masyarakatnya. Hal ini dikarenakan masyarakat sangat mendambakan perbaikan jalan yang melalui lahan pertanian dan perkebunan mereka," ungkap Serda Edi Putra Rianto.

    Peran Babinsa dalam memberi kontribusi terhadap sektor apapun yang ada di masyarakat patut diberi acungan jempol, karena Babinsa yang lihai memainkan senjata, juga mampu melakukan segalanya, bahkan sebagai ujung tombak TNI AD, dan mungkin dalam angkatan perang Indonesia, Babinsa satu-satunya yang mampu menjadi pembimbing, motivator, fasilitator, dinamisator dan inovator bagi masyarakat di lapangan.


Berita Lainnya

Index
Galeri