Waspadai PMK, Babinsa Koramil 06/Cerenti Kodim 0302/Inhu, Kopda Junedi Aktif Pantau Hewan Ternak Di Wilayah Binaan

Waspadai PMK, Babinsa Koramil 06/Cerenti Kodim 0302/Inhu, Kopda Junedi Aktif Pantau Hewan Ternak Di Wilayah Binaan

 Kuansing- Menyikapi perkembangan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak sapi di Kabupaten Kuantan Singingi, Danramil 06/Cerenti meminta anggotanya terutama Babinsa untuk lebih intensif melakukan pemantauan di wilayah binaan, Rabu (8/5/2024).

    Hal tersebut disampaikan saat memimpin apel pagi anggota di halaman depan Koramil 06/Cerenti. Danramil berpesan agar kegiatan-kegiatan pencegahan terus dilakukan.

    Lanjut dia, langkah itu untuk menyikapi beberapa laporan yang masuk, tentang adanya hewan sapi milik warga yang mati karena penyakit tersebut.

    "Tentunya kita ikut prihatin dan berduka atas kejadian sapi mati yang menimpa beberapa warga di Cerenti. Untuk itu saya minta kepada seluruh anggota terutama Babinsa, mari lebih aktif lagi melakukan kegiatan antisipasi," ucap Danramil Cerenti.

    Danramil berharap agar para Babinsa selalu menjalin sinergi dengan pihak desa, Bhabinkamtibmas serta tim kesehatan untuk melakukan pemantauan di wilayah binaan.

    "Jalin sinergi dengan lintas sektoral yang ada, jika ditemukan sapi yang terinfeksi PMK, silakan lakukan tindakan sesuai dengan aturan yang ada. Jika perlu arahkan untuk dilakukan karantina sapi, sehingga penyakitnya tidak menular," tambahnya.

    "Jika ditemukan kasus PMK, silahkan ditindaklanjuti dan jangan lupa dilaporkan kepada pimpinan," ungkap  Danramil Cerenti.

    Danramil mengajak seluruh masyarakat agar tetap semangat dan tegar dalam menghadapi kasus PMK, terutama para warga yang memelihara hewan ternak sapi.

    Kegiatan pemantauan hewan ternak sebetulnya sudah dilakukan oleh seluruh Koramil Jajaran, namun demikian akhir akhir ini lebih ditingkatkan.

    Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 06/Cerenti Kopda Junedi yang aktif menyambangi peternak sapi di wilayah setempat.

    Selain melakukan pemberian vitamin dan pengecekan kesehatan hewan, dalam sambang tersebut, Kopda Junedi juga menyampaikan imbauan kepada peternak agar menjaga kebersihan kandang dan juga melakukan penyemprotan disinfektan pada lokasi kandang.


Berita Lainnya

Index
Galeri