Keren! Pekanbaru Raih Juara 2 Penurunan Stunting di Riau

Keren! Pekanbaru Raih Juara 2 Penurunan Stunting di Riau
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP

PEKANBARU- Prestasi membanggakan kembali diraih Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Kali ini, Pekanbaru berhasil meraih penghargaan terbaik kedua dalam penurunan angka stunting di Provinsi Riau tahun 2024.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Riau Ir. H. S.F Hariyanto MT kepada Pj Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP, pada Rapat Koordinasi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa se-Provinsi Riau Tahun 2024 di Ballroom Hotel Labersa, Siak Hulu, Kampar, Jumat (3/5/2024).

Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi berbagai pihak dalam penanganan stunting di Kota Pekanbaru. Pada tahun 2022, tercatat 318 anak di Pekanbaru mengalami stunting. Berkat berbagai upaya yang dilakukan, di tahun 2023 angka tersebut turun drastis menjadi 115 anak.

Salah satu program inovatif yang diluncurkan Pemko Pekanbaru untuk menurunkan angka stunting adalah program Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS). Dalam program ini, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Forkopimda, Sekdako Indra Pomi Nasution dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ditetapkan sebagai orangtua pendamping bagi anak stunting.

Para bapak/bunda asuh ini bertugas memberikan pendampingan dan bantuan makanan penunjang pertumbuhan kepada anak asuh stunting masing-masing selama 6 bulan. Bantuan yang diberikan berupa Rp500 ribu per bulan.

Upaya-upaya tersebut membuahkan hasil yang nyata. Berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) terbaru, prevalensi stunting Kota Pekanbaru mengalami penurunan signifikan dari 16,8 persen menjadi 8,7 persen.

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang diberikan dan atas dukungan semua pihak. Ia menegaskan bahwa Pemko Pekanbaru berkomitmen untuk terus berupaya maksimal menurunkan dan mengentaskan stunting di Kota Pekanbaru, dengan target zero stunting.

Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemko Pekanbaru untuk terus berinovasi dan bekerja keras dalam memerangi stunting. Kolaborasi dan sinergi semua pihak menjadi kunci utama untuk mencapai target zero stunting di Kota Pekanbaru.


Berita Lainnya

Index
Galeri