BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sebagian Wilayah Riau

BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sebagian Wilayah Riau

PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memprediksi cuaca di Provinsi Riau akan dipenuhi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Selasa, (23/4/2024).

Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru, Sanya, menginformasikan bahwa pada pagi hari, udara kabur hingga berawan akan melingkupi sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Bengkalis, Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti, dan Kota Pekanbaru. Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di wilayah tersebut.

Pada siang hingga sore hari, kondisi berawan masih akan berlangsung. Hujan dengan intensitas yang sama diprakirakan akan terjadi di sebagian besar wilayah Riau. Malam hari pun tidak berbeda, hujan masih akan mengguyur sebagian besar wilayah Riau.

Memasuki dini hari, udara kabur hingga berawan akan kembali melingkupi sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, dan Kuantan Singingi. Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang juga diprakirakan terjadi di wilayah tersebut.

BMKG Pekanbaru juga mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat.

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Siak, Bengkalis, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hulu, dan Kota Pekanbaru pada pagi dan sore/malam hari," ujar Sanya.

Suhu udara di Riau diprediksi berkisar antara 22.0 – 31.0 °C dengan kelembapan udara 60 – 100 %. Angin bertiup dari Barat Laut hingga Timur Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Sementara itu, prakiraan tinggi gelombang di wilayah perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 – 1.25 meter, dikategorikan sebagai rendah. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati.


Berita Lainnya

Index
Galeri