DKP Pekanbaru dan Stakeholders Bahas Persiapan Penyaluran Beras Cadangan Pangan 2024

DKP Pekanbaru dan Stakeholders Bahas Persiapan Penyaluran Beras Cadangan Pangan 2024

PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan  mulai mempersiapkan rencana penyaluran bantuan cadangan pangan untuk masyarakat untuk tahun 2024. Bahkan, dijadwalkan, proses penyaluran bisa dilakukan pada periode akhir Januari atau awal Februari.

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) yang dihadiri perwakilan dari  Dinas Sosial, Bappeda,  Perum Bulog dan PT Pos Indonesia yang dilaksanakan Rabu (17/01/2024) siang di Kantor DKP Cut Nyak Dhien.

Dalam kesempatan tersebut, terlebih dahulu dibahas terkait dengan posisi data calon penerima bantuan cadangan pangan tahun 2024 yang akan disalurkan pemerintah.

Asisten Manager Pelayanan Publik Perum Bulog Wilayah Riau Kepri Valdi Wiranata dalam penjelasannya  mengungkapkan, memang terdapat perubahan data terhadap  calon penerima program cadangan pangan tahun 2024, di mana, bila sebelumnya data jumlah penerima dikeluarkan oleh Kementerian Sosial, namun untuk tahun 20024 ini dikeluarkan oleh Kemenko PMK.

Selain itu, Valdi juga menjelaskan data terbaru yang diterima Bulog, terjadi peningkatan terhadap jumlah calon penerima manfaat, dari tahun 2023 yakni sebanyak 16.400-an kepala keluarga penerima, menjadi 17.000-an KK.

Saat ini, pihaknya masih melakukan persiapan untuk persiapan pelaksanaan penyaluran cadangan pangan berupa beras.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, H. Maisisco, pada kesempatan itu berharap pelaksanaan penyaluran beras cadangan pangan tahun 2024 ini bisa dilaksanakan  segera mengingat tingginya harapan masyarakat.

Meski begitu, dia berharap, untuk pendistribusian itu tetap mengacu pada kaidah dan data yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang dalam hal ini ditetapkan oleh Kemenko PMK.

Sementara itu perwakilan Bappeda Pekanbaru menekankan tentang pentingnya  penetapkan prioritas program penyaluran beras cadangan pangan dengan  kesejalanannya upaya pemerintah dalam menekan angka kemiskinan ekstrem.

''Harapan kita, prioritas utama dalam penyaluran beras cadangan pangan ini adalah kelompok masyarakat dalam kategori kemiskinan ekstrem yang jumlahnya di Pekanbaru ada di jumlah 708 kepala keluarga.

Pada kesempatan itu, Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Dinal Husna juga membahas tentang teknis penyaluran beras cadangan pangan untuk daerah-daerah jauh dan perbatasan agar bisa dilaksanakan di kantor camat dan kelurahan terdekat.

''Kemarin dari survei yang kita lakukan, banyak keluhan yang disampaikan warga adalah terkait lokasi penyaluran yang terlalu jauh, sehingga biaya yang dikeluarkan warga untuk mengambil beras bantuan ini cukup besar, bahkan hampir sama dengan nilai beras bantuan. Kita harapkan untuk daerah-daerah yang jauh dari pusat kota, berada di perbatasan dan ujung Pekanbaru, agar bisa disiasati pendistribusian bisa dilakukan melibatkan pemerintah kecamatan atau kelurahan,'' ajak dina.(galeri)


Berita Lainnya

Index
Galeri