Perpustakaan Kota Pekanbaru Raih Penghargaan Terbaik Inovasi Promosi Layanan Perpustakaan 2023

Perpustakaan Kota Pekanbaru Raih Penghargaan Terbaik Inovasi Promosi Layanan Perpustakaan 2023

Pekanbaru – Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menerima penghargaan sebagai Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota dengan Inovasi Promosi Layanan Perpustakaan Terbaik 2023 saat pelaksanaan peer learing meeting (PLM) nasional 2023 di Yogyakarta, Kamis (21/9/2023).

Penghargaan ini disematkan kepada Dispusip sebagai pengakuan atas kinerja kegiatan pelibatan masyarakat non pengembangan kapasitas yang terkategori promosi, seperti Literatour, Bimbingan Pemustaka, Bimbingan Referensi, fasilitasi kegiatan masyarakat melalui layanan Ruang Komunal maupun pemanfaatan aula dan ruang IT untuk perekaman cerita. Capaian ini didokumentasikan dalam aplikasi Sistem Informasi Manajemen  (SIM) sebagai media pelaporan bagi perpustakaan mitra Perpusnas dalam Program TPBIS, sekaligus media monitoring dan evaluasi bagi Perpusnas terhadap implementasi Program TPBIS mitranya di daerah.

“Penghargaan menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkembang dan meningkatkan layanan Perpustakaan Tenas Effendy. Tujuan utamanya adalah agar masyarakat bisa merasakan manfaat yang lebih besar dari keberadaan perpustakaan,” ungkap Kepala Dispusip Kota Pekanbaru, Hj. Erna Juita, SH,. M.Si.

Erna menjelaskan bahwa melalui program TPBIS, perpustakaan telah bertransformasi menjadi ruang publik yang aktif melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan bermanfaat, seperti pelatihan menulis cerpen bagi peserta didik SMP dan beragam workshop untuk masyarakat, mulai dari pembuatan bakso hingga teknik menganyam rotan.

“Semua ini untuk membantu masyarakat mengembangkan life skills mereka sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas hidup mereka,” jelas Erna.

Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Kota Pekanbaru, tetapi juga menunjukkan komitmen pemerintah untuk terus berinovasi dalam menyediakan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat. “Semoga penghargaan ini menjadi langkah awal untuk lebih banyak prestasi yang akan datang dalam upaya meningkatkan literasi dan kesejahteraan di Kota Pekanbaru” tutupnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri