Manajer Berharap Rio Haryanto tak Puasa saat Balapan

Manajer Berharap Rio Haryanto tak Puasa saat Balapan
Rio Haryanto
JAKARTA - Manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett, tidak yakin Rio akan berpuasa saat menjalani persiapan dan balapan di Sirkuit Gilles Villeneuve untuk GP Kanada pada 12 Juni mendatang.
 
Ia mengatakan, belum berbicara dengan Rio mengenai hal tersebut. Meski demikian, Hunnisett mengimbau agar Rio sebaiknya tidak puasa saat menjalani balapan.
 
Hunnisett khawatir kesehatan Rio akan bermasalah bila memaksakan diri untuk berpuasa saat balapan. "Saya yakin dia berpuasa hari ini (6/6/2016), tapi saya tidak yakin pada hari balapan nanti karena para pebalap akan kehilangan begitu banyak cairan tubuh dalam balapan," ucap Hunnisett.
 
Menurutnya, kondisi ini akan membahayakannya jika ia tidak cukup minum sebelum balapan. "Jika dehidrasi, seorang pebalap dapat kehilangan konsentrasi yang mana ini bukan sesuatu yang bagus saat Anda mengendarai mobil dengan kecepatan lebih dari 330 kilometer per jam," ungkap Hunnisett.
 
"Tapi pada akhirnya, terserah Rio dan ahli gizi untuk memutuskan (puasa/tidak) pada hari balapan."
 
Hunnnisett menerangkan, Rio akan kehilangan kurang lebih 3 liter cairan dalam tubuhnya saat balapan. Selain cairan, berat badan seorang pebalap pun bisa berkurang hingga 2 kilogram setiap kali membalap. 
 
Hal ini dikarenakan pebalap berada dalam kecepatan tinggi selama balapan yang berlangsung kurang lebih satu setengah jam dan juga cuaca setempat. Pada saat balapan di GP Kanada nanti, perediksi cuaca memperkirakan suhu di sana akan cerah berkisar 23 derajat celcius. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri