Dengar Warganya Hidup Memprihatinkan, Plt Bupati Kuansing Minta Baznas Tinjau Kondisi Mbah Karma

Dengar Warganya Hidup Memprihatinkan, Plt Bupati Kuansing Minta Baznas Tinjau Kondisi Mbah Karma

Kuansing-Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kuantan Singingi (Kuansing). Suhardiman Amby. langsung merespons adanya warga Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD) Desa Kuantan Sako, Kabupaten Kuansing kondisinya memperihatinkan. 

"Saya sudah intruksikan  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kuansing untuk meninjau langsung kondisi Mbah Karma" Ujar singkat Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby  Senin (23/01/2023) lalu via telpon. 

Sebelum diberitakan. Anggota DPRD Kuantan Singingi (Kuansing) dari Partai Hanura, Darwis, meninjau secara langsung calon penerima bantuan Rumah Layak Huni (RLH) di Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD) Desa Kuantan Sako, Kuansing. 

Calon penerima RLH itu adalah Mbah Karma. Kondisi rumahnya sungguh memprihatinkan. Saat dikunjungi, kakek yang kini berusia 101 tahun, duduk di kursi. 

"Kondisi Mbah Karma sungguh memprihatinkan, beliau tinggal sendiri dirumah yang di tempatinya saat ini, dan rumah yang ditempati sudah tidak layak untuk ditempati," kata Darwis, Senin (23/01/2023).  

Politisi dari Partai Hanura itu, turun langsung melihat penerima bantuan RLH Tahun 2023. Dalam kunjungannya itu, dia bercerita kepada Mbah Karma. Kakek itu ternyata baru bisa makan apabila ada uluran tangan dari orang sekitar serta orang dermawan. 

Beliau sudah berusia 101 tahun, tentu tidak lagi punya tenaga untuk mencari nafkah. Beliau juga menyiapkan segala sesuatu sendiri, mulai dari masak sendiri, karena saat ini Mbah Karma sudah terganggu pengelihatan nya hampir 20 persen saja," jelasnya.  

Selain itu Darwis juga menceritakan saat dirinya berkunjung dan menyaksikan sendiri, bagaimana mbah karma makan nasi yang sudah basi. 

Entah sudah berapa hari, nasi putih aja yang telah dipenuhi semut yang memenuhi piringnya. Dan dia tetap makan, karena dia gak bisa melihat ada semut atau tidak, paparnya. 

Saat memasuki dapur dan kamarnya, hati Darwis langsung menangis. Bagaimana tidak, kondisi yang ada jauh dari kata layak. 

Sangat miris sekali karena sungguh memprihatinkan. Beliau tampak tegar bercerita kehidupannya sehari-hari, saat saya tanya anaknya dan dimana tinggalnya, mbah karma menjawabnya masih di desa yang sama,ungkapnya. 

Dengan kondisi ini, Darwis mengajak warga Kuansing termasuk orang dermawan menyisihkan sebagian uangnya menjadi donatur untuk membantu mbah karma saat ini, kata Darwis.


Berita Lainnya

Index
Galeri