Daerah Pesisir Riau Berpotensi Banjir Rob, Masyarakat Diimbau Waspada!

Daerah Pesisir Riau Berpotensi Banjir Rob, Masyarakat Diimbau Waspada!

PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau meminta masyarakat yang tinggal di daerah pesisir Riau untuk dapat waspada terhadap ancaman banjir Rob. Pasalnya, saat ini sedang terjadi fenomena super moon yang berpotensi memicu banjir rob atau pasang air laut.

Kepala BPBD Riau M Edy Afrizal mengatakan, berdasarkan laporan yang pihaknya terima saat ini banjir rob sudah terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dikatakan dia, bahwa kondisi banjir rob diperparah dengan curah hujan yang tinggi sehingga air semakin tinggi menggenangi pemukiman masyarakat. 

"Banjir rob atau pasang air laut sudah terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti, air nya semakin tinggi karena curah hujan juga tinggi disana. Ini juga karena ada fenomena super moon. Apalagi daerah yang digenangi banjir rob cukup rendah," katanya. 

Terkait kondisi tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Meranti untuk mendirikan posko bencana. Posko tersebut untuk membantu jika ada masyarakat yang akan mengungsi karena rumahnya masih tergenang banjir. 

"Kami sudah berkoordinasi untuk mendirikan posko di sana, jika ada masyarakat yang membutuhkan bisa langsung datang," katanya. 

Selain di Meranti, potensi banjir rob juga bisa saja terjadi di wilayah pesisir Riau lainnya. Karena itu pihaknya juga sudah menyampaikan kepada pihak BPBD kabupaten/kota lainnya juga untuk waspada. 

"Kami sudah sampaikan ke kabupaten/kota Terkait potensi banjir rob akibat fenomena super moon tersebut," ujarnya. ***

Sumber: MC Riau


Berita Lainnya

Index
Galeri