Pertemuan Penuh Nostalgia, UNIKS dan UHTP Lakukan Kerjasama (MoA)

Pertemuan Penuh Nostalgia, UNIKS dan UHTP Lakukan Kerjasama (MoA)

Kuansing- Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS)  dan Universitas Hang Tuah Pekanbaru (UHTP) melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Dakwah Islamiyah (LPPMDI) UNIKS dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UHTP dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, pada hari Senin,16/01/2023 bertempat di Gedung Serba Guna, UNIKS Teluk Kuantan. MoA ini dilakukan setelah adanya MoU yang ditanda tangani oleh Rektor UNIKS dan UHTP beberapa bulan lalu.

Sejumlah pimpinan UNIKS menghadiri MoA  diantaranya Rektor Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes, Wakil Rektor I M. Irwan, SE., MM, Wakil Rektor II Desriadi, S.Sos., M.Si, Wakil Rektor III Afrinald Rizhan, SH., Sekretaris dan pengawas Yayasan Perguruan Tinggi Islam Kuantan Singingi (YPTIKS) Drs. H. Tarmis, MH dan Marduyut, SE seluruh unsur pimpinan, struktural di lingkungan UNIKS serta Ketua LPPMDI UNIKS H. Fitrianto, S.Ag., M.Sh. 

Tampak hadir pula dari UHTP Rektor Prof. Dr. Syafrani, M.Si beserta jajaran Dekan Fakultas Kesehatan dan Ketua LPPM, serta Ketua Yayasan Hang Tuah Pekanbaru dr. H. Zainal Abidin, MPH beserta Ibu Hj Ernawati Pembina Yayasan dan dosen UHTP Dr. Hj. Emy Leonita, S.K.M., MPH, dan Ikhtiarudin, S.K.M., MKM.

Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes dalam sambutannya, menyampaikan rasa senang dan gembira menyambut tamu yang datang ke UNIKS ini adalah dr. H. Zainal Abidin, MPH (Ketua Yayasan HTP) dan Prof. Dr. Syafrani, M.Si (Rektor) UHTP, dan merasa ini adalah pertemuan yang penuh nostalgia, seperti keluarga dekat yang sekebatinan selama ini.

"Kehadiran Bapak Ketua Yayasan HTP dr. H. Zainal Abidin, MPH beserta Ibu Hj. Ernawati Pembina Yayasan HTP,  sungguh merupakan suatu kehormatan bagi kami, dan beliau sudah saya anggap seperti orang tua dan mentor saya sendiri, tentu ini mengembalikan kenangan saya ketika dulu pernah bertugas di STIKES Hang Tuah Pekanbaru. Saya pernah dipercaya beliau sebagai Ketua Prodi D3 Rekam Medis dan Ketua Prodi  S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) juga 2 kali membantu beliau sebagai Wakil Ketua 1 (Bidang Akademik) di STIKES Hang Tuah Pekanbaru. Saya juga beberapa kali ditugaskan beliau menyiapkan borang Pendirian Program Studi baru, seperti Prodi D3 Kebidanan, S1 Keperawatan dan S2 Kesehatan Masyarakat.
Sebelum saya bertugas sebagai dosen di FK, FKM UNAND Padang dan F.Kep UNRI Pekanbaru. Alhamdulillah saya lihat sekarang institusinya semakin maju telah menjadi Universitas Hang Tuah Pekanbaru (UHTP)", sampainya. 

Saya banyak belajar dari Bapak dr. H.Zainal Abidin, MPH. Saya mengenal beliau sebagai seorang Tokoh yang Visioner, penuh semangat dan selalu berpikiran positif. Saat ini meskipun beliau sdh memasuki usia 80 tahun tetapi masih sangat energik, semangat dan sukses.

Demikian juga dengan Bapak Rektor UHTP Prof Dr. Syafrani, M.Si saya sangat menghormati beliau sebagai senior yang banyak pengalaman dan kami sering berdiskusi pentingnya sinergi dan kolaborasi sesama perguruan tinggi agar menjadi lebih maju.

Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes juga mengatakan bahwa MoA yang ditanda tangani hari ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang dilakukan lima bulan yang lalu.

''Alhamdulillah kedua belah pihak sudah sepakat khusus dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat yang dikemas secara  bersama", ungkap rektor.

Sejalan dengan sambutan Rektor UHTP Prof. Dr. Syafrani, M.Si mengatakan nanti kemungkinan hasil penelitian digunakan dalam jurnal yang sama. Kemudian untuk pengabdian kepada masyarakat dilakukan kolaborasi antara mahasiswa UHTP dengan mahasiswa UNIKS.

''Alhamdulillah mereka menyambut dengan baik,'' tuturnya.

Rektor UNIKS ini juga menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan para tamu yang datang ke UNIKS dan juga para tokoh masyarakat Kuansing, terkait rencana pemanfaatan gedung baru UNIKS, Nopriadi menyampaikan bahwa pada prinsipnya kita menerima bilamana gedung tersebut sudah diizinkan oleh Pemda Kuansing untuk menempatinya, mohon doakan saja semoga jadi pada bulan Februari 2023 nanti sudah bisa dimanfaatkan oleh UNIKS sebagaimana yang sudah beberpa kali disampaikan oleh bapak Plt Bupati beberapa waktu lalu. UNIKS sifatnya menerima dan tentu sesuai dengan aturan yang ada. Sehingga nanti tidak ada masalah di kemudian hari.

"Ya..tentu dengan memanfatkan gedung baru UNIKS itu akan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat semakin banyak yang kuliah di UNIKS, dan ini akan menunjang peningkatan sarana prasarana UNIKS dalam upaya meningkatkan nilai akreditasi institusi yang sudah kita targetkan insyaAllah mendapat nilai Baik Sekali pada akhir tahun 2023 ini," tambahnya. 

UNIKS juga sedang menyiapkan prodi baru Bisnis Digital dan kita juga sedang mengkaji kemungkinan membuka  prodi rekayasa industri, dan prodi kesehatan lainnya. 

Rektor UHTP Prof. Dr. Syafrani, M.Si pada sambutannya menyampaikan tentang tanggung jawab sebagai tenaga pendidik dan pentingnya kerjasama yang bersinergi dan setara antara UNIKS dengan UHTP. 

"Dengan adanya kerjasama antara UNIKS dengan UHTP akan bisa nantinya dilaksankan KKN bersama, kemudahan dalam melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat untuk meningkatkan komunikasi mahasiswa antar perguruan tinggi", ujarnya. 

Sekretaris YPTIKS Drs. H. Tarmis, MH mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang dilaksankan pimpinan dan Yayasan Hang Tuah Pekanbaru.

"Kami siap berkolaborasi, membuka diri dari pihak lain dan kerjasama ini akan memberikan kepercayaan masyarakat. UNIKS selalu terus mengembangkan diri, semoga melalui kerjasama ini akan terus meningkatkan UNIKS ke depan", ucapnya. 

Ketua Yayasan Hang Tuah Pekanbaru dr. H. Zainal Abidin, MPH juga mengucapkan terimakasih kepada UNIKS dan bercerita tentang masa lalunya tahun 1993 saat berkunjung ke Kuansing (dulu INHU-KUANSING).

"Kuansing ini negeri kaya dan Kuansing merupakan pencetak sumber cendekiawan Riau, sebut saja Rektor pertama UNRI Muchtar Lutfi dan terakhir Prof. Dr. Ir. H. Aras Mulyadi, M.Sc itu dari Kuansing. Intinya ini tentu menjadi semangat bagi Rektor UNIKS Dr Nopriadi dan jajaran yang  masih muda dan penuh semangat untuk meningkatkan mutu universitas bagi UNIKS", tutupnya. 

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoA antara LPPMDI UNIKS dan LPPM UHTP yang disaksikan oleh Rektor UNIKS, Rektor UHTP Sekretaris YPTIKS dan Ketua Yayasan Hang Tuah Pekanbaru, dilanjutkan dengan pemberian cendramata dari masing-masing institusi serta ditutup dengan foto bersama.


Berita Lainnya

Index
Galeri