Louis van Gaal Didepak dari Manchester United

Louis van Gaal Didepak dari Manchester United
Louis van Gaal.
JAKARTA - Louis van Gaal resmi didepak dari Manchester United. Dikabarkan BBC Sport, kini kedua pihak sedang menegosiasikan kompensasi untuk pelatih asal Belanda itu. 
 
MU sendiri sebelumnya telah menjadwalkan sesi konferensi pers untuk mengumumkan masa depan van Gaal pada pukul 12.00 GMT atau pukul 19.00 WIB, bertepatan dengan dibukanya bursa saham New York. 
 
Semula rencana MU adalah untuk mempertahankan van Gaal hingga kontraknya habis pada musim panas 2017, kemudian menggantinya dengan seorang manajer yang lebih muda seperti Ryan Gigs.
 
Namun minimnya kemajuan MU di bawah van Gaal membuat manajemen klub mempertimbangkan ulang keputusan tersebut. 
 
Mantan pelatih Chelsea, Jose Mourinho, menjadi kandidat kuat untuk menggantikan posisi van Gaal.
 
Van Gaal datang ke MU pada musim panas 2014 untuk menggantikan David Moyes. Ia mendapatkan kontrak tiga tahun hingga musim panas 2017 nanti. Ia pernah menyatakan bahwa MU akan menjadi klub terakhir yang ia latih. 
 
Dalam 25 tahun karier kepelatihannya, van Gaal telah memenangi gelar liga di tiga negara berbeda, yaitu dengan Ajax Amsterdam dan AZ Alkmaar dai Belanda, bersama Barcelona di Spanyol, dan juga Bayern Munich di Jerman. 
 
Ia juga memenangi berbagai piala di tiga negara tersebut. Pada Sabtu (21/5) lalu, ia memenangi Piala FA bersama Manchester United, setelah sempat memenangi Piala Belanda, Piala Jerman, dan juga Piala Raja di Spanyol.
 
Van Gaal juga meraih kesuksesan di kompetisi Eropa, memenangi Piala UEFA pada 1992 dan juga Liga Champions bersama Ajax Amsterdam pada 1995. 
 
Sebagai manajer di level internasional, ia membawa Belanda ke peringkat tiga di Piala Dunia 2014. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri