Wujudkan Kuansing Bermarwah, Kecamatan Inuman Galakkan Program 1 Desa 1 Rumah Tahfidz

Kamis, 11 November 2021 | 19:32:59 WIB
Wujudkan Kuansing Bermarwah, Kecamatan Inuman Galakkan Program 1 Desa 1 Rumah Tahfidz
Ket Foto :

KUANSING - Untuk mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) periode 2021-2026, yaitu Mewujudkan Kuansing Bermarwah, Pemerintah Kecamatan Inuman mempunyai program bagi masing-masing desa untuk mendirikan Rumah Tahfidz Qur'an, 1 desa 1 Rumah Tahfidz.

Hal ini disampaikan oleh Camat Inuman Arifin SE kepada Riaurealita.com, Kamis pagi (11/11/2021) di ruang kerjanya. Di mana, pendirian 1 Desa 1 Rumah Tahfidz ini sudah kesepakatan bersama antara Kepala Desa, BPD, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat se Kecamatan Inuman.

Dikatakan Arifin, Rumah Tahfidz tersebut merupakan gagasan Bupati dan Wakil Bupati Kuansing Andi Putra-Suhardiman Amby yang dituangkan di dalam program pemerintahan Andi Putra-Suhardiman Amby periode 2021-2026. "Dalam program itu, setiap Kecamatan di Kuantan Singingi akan didirikan Rumah Tahfidz," paparnya.

                       Camat Inuman Arifin.SE

Selanjutnya, Camat Inuman, Arifin SE menjelaskan, Rumah tahfidz adalah tempat untuk aktivitas menghafal Al-Quran, mengamalkan dan membudayakan nilai-nilai Al-Quran dalam sikap hidup sehari-hari berbasis hunian, lingkungan, dan komunitas.

"Rumah Tahfidz adalah embrio dan gerbang membangun masyarakat dengan dakwah Al-Quran untuk mencapai terwujudnya masyarakat madani yang punya nilai-nilai keislaman dalam wujud perilaku kehidupan," ujar Arifin.

Kemudian, lanjutnya, Rumah Tahfidz adalah wadah bagi agen perubahan masyarakat. Selain itu, Rumah Tahfidz juga merupakan sarana untuk membangun kemandirian masyarakat.

Dia juga menyampaikan bahwa kehadiran Rumah Tahfidz tersebut merupakan langkah yang sangat tepat dalam upaya melakukan pembinaan terhadap generasi penerus secara berkelanjutan di Kecamatan Inuman. "Makanya kehadiran Rumah Tahfidz ini saya katakan sebuah langkah yang sangat tepat di saat ini," ucapnya. 

Arifin berharap, kehadiran Rumah Tahfidz Quran bisa terus berkembang dengan baik sehingga banyak melahirkan Hafizh-Hafizah Kecamatan Inuman. "Mari kita didik generasi muda Islam di Kecamatan Inuman ini untuk lebih mendalami kalam-kalam Ilahi. Untuk mencapainya, maka saya mendorong semua desa di kecamatan ini memiliki Rumah Tahfidz Qur'an," ajak Arifin. 

Kepada orang tua, Camat Inuman ini juga mengajak dan mengimbau untuk  mengantarkan anaknya belajar di Rumah Tahfidz. "Karena anak adalah harta tak ternilai yang patut kita jaga dan harus benar-benar diarahkan kepada hal-hal yang positif. Dan itu bisa dilakukan di Rumah Tahfidz Quran ini," pungkasnya. (Adv/Ales)