Wali Kota Pekanbaru Hadiri Penandatanganan MoU Apeksi dengan BPIP di Yogyakarta

Wali Kota Pekanbaru Hadiri Penandatanganan MoU Apeksi dengan BPIP di Yogyakarta

PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT menghadiri penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Selasa (12/10/2021) malam. Penandatanganan MoU dilakukan di Rama Shinta Garden Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi DIY Yogyakarta.  

"Saya baru saja selesai mengikuti acara penandatanganan MoU antara BPIP dengan Apeksi. Dengan kerja sama ini, BPIP dengan Apeksi dapat mensosialisasikan Ideologi Pancasila kepada seluruh masyarakat Indonesia, khusus generasi milenial," kata Wali Kota Firdaus.

Nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan sebagai sebuah ideologi negara yang tujuannya untuk menimbulkan dan membangkitkan semangat cinta kepada bangsa dan negara. "Dengan demikian, kita dapat membangun persatuan dan kesatuan untuk negara Republik Indonesia untuk mencapai kesejahteraan bersama," harap Firdaus.  

Usai penandatangan MoU, kegiatan dilanjutkan dengan pimpinan BPIP, baik secara daring maupun luring. Pencerahan yang disampaikan mantan Wakil Presiden Indonesia ke-6 Tri Sutrisno juga memberikan semangat.

"Intinya adalah bagaimana kita menanamkan kembali nilai-nilai Ideologi Pancasila terutama pada generasi muda. Pada tahun ajaran yang akan datang, Pancasila ini akan masuk dalam kurikulum mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi," sebut Firdaus.  

Pancasila dijadikan kurikulum akan diatur dalam Peraturan Pemerintah dan keputusan menteri bersama (Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan). Tentunya, hal ini juga didukung dengan kebijakan kepala daerah.  

"Mudah-mudahan, penanaman nilai-nilai Pancasila ini dapat kita tanamkan secara baik kepada generasi muda untuk kemajuan bangsa dan merebut peluang Indonesia emas 2045 dengan kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara," ucap Firdaus.


Berita Lainnya

Index
Galeri