Inovasi Baru Puskesmas Wisata Pekanbaru

Inovasi Baru Puskesmas Wisata Pekanbaru
Puskesmas Wisata Kota Pekanbaru.
PEKANBARU - Kesan angker dan bau sudah melekat bagi sebagian orang yang pernah dan akan ke rumah sakit atau pun puskesmas. Tapi, ada salah satu puskesmas di Pekanbaru yanh jauh dari kesan tersebut. Seperti di Puskesmas yang terletak di Jalan Teuku Umar, Pekanbaru.
 
Dari tampilan halaman depannya, Puskesmas ini layaknya hotel berbintang. Dengan lapangan parkir yang cozy, teras yang eksotik, membuat orang-orang yang datang ke sini jadi tertarik. Kesan elegan bertambah dengan desain taman dan kolam ikan dengan air mancurnya yang gemerisik menggairahkan.
 
Kondisi itu belum seberapa. Bila masuk ke dalam Puskesmas ini, anda akan melihat desain interiornya yang mirip seperti mal. Baik konter pendaftaran, tempat pengambilan obat, serta ruang tunggu, membuat pengunjung betah di sana. Jangan takut, kalau Anda membawa anak-anak, sambil menunggu antrean, si buah hati bisa bermain-main di arena playground yang disiapkan Puskesmas.
 
Tak cukup sampai di situ. Puskesmas ini juga memiliki mushalla yang keren. Mushalla tidak berdinding, langsung berpagar taman menarik di lantai atap. Di sini, Anda bisa shalat dengan nyaman, atau sekadar bercengkerama dengan pemandangan taman yang tertata rapi. O iya, di taman ini juga ada track batu refeleksinya juga loh.
 
"Karena tampilan dan suasananya membuat orang rileks, maka Puskesmas ini disebut juga dengan nama Puskesmas Wisata. Jadi, orang yang datang ke sini akan 'merasa' sembuh sebelum berobat. Secara sugesti, pasien yang sakit bila menemukan suasananya yang nyaman akan membuat sebagian penyakitnya hilang seketika," kata Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT.
 
Menurut sang arsitek, Doddy Anwar, Puskesmas ini memang dirancang menjadi pusat kesehatan yang memberi kenyamanan. Jauh dari kesan rumah sakit konvensional masa lalu. Tanpa mengurangi fungsinya sebagai tempat pelayanan kesehatan, desain Puskesmas ini patutlah menjadi acuan untuk pembangunan Puskesmas atau rumah sakit lainnya.
 
"Ini Puskesmas tematik. Sangat elegan. Sangat cozy bagi pengunjung. Nuansa Melayunya juga dapat," kata Doddy.
 
 
Puskesmas Wisata Kota Pekanbaru.
 
Puskesmas ini digadang-gadang menjadi Puskesmas model di Pekanbaru secara khusus, Indonesia secara umum. Ini, seperti dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Drg Helda S Munir, adalah Puskesmas yang menggabungkan pengobatan moderen dan tradisional. Selain menonjolkan pengobatan medis, Puskesmas ini juga menyajikan pengobatan tradisional. Mulai akupunktur hingga spa. 
 
Di rumah sakit ini juga tersedia ruang instalasi gawat darurat (IGD), dokter gigi, dan lainnya. Jika tidak ada aral melintang, Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Moeloek, diagendakan akan datang ke Kota Pekanbaru guna meresmikan Puskesmas ini.
 
“Kami berharap dalam waktu dekat ibu Menteri yang meresmikannya, kami sedang mencari jadwal,” ungkap Helda sebelum berangkat melaksanakan umrah, akhir pekan kemarin.
 
Helda menerangkan, saat ini pembangunan Puskesmas Wisata di Jalan Tengku Umar, sudah memasuki tahap penyempurnaan, tinggal melengkapi alat kesehatan.
 
"Alhamdulillah Puskesmas ini sudah beroperasi. Sudah menerima pasien sejak pekan lalu. Hanya saja untuk peresmiannya masih menunggu waktu yang tepat,” bebernya.
 
Ide membuat Puskesmas wisata ini, merupakan inovasi Pemko dalam menciptakan pelayanan bagi wisatawan dan masyarakat yang hidup diantara gedung menjulang dan pusat perekonomian. Jika wisatawan dan masyarakat yang berlokasi di dekat Puskesmas itu bisa dimanfaatkan untuk berobat dengan pelayanan 24 jam. (adv/humas)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri