Duh! Rio Haryanto Terancam Cuma Bisa Ikut 11 Balapan F1

Duh! Rio Haryanto Terancam Cuma Bisa Ikut 11 Balapan F1
Rio Haryanto.
JAKARTA - Rio Haryanto terancam hanya akan mampu menjalani 11 seri balapan di Formula Satu (F1) jika tak mampu melunasi kekurangan dana kepada tim Manor.
 
Dukungan sponsor yang minim kemungkinan bakal menghapus mimpi Rio untuk menjalani debut di F1 selama satu musim penuh. Apalagi, upaya Kemenpora mencari dana tambahan tak kunjung membuahkan hasil.
 
"Menurut informasi dari Indah Pennywati (ibu Rio) kemungkinan saya harus berbicara kepada publik secara jujur karena seandainya tak ada dana, Rio hanya boleh menyelesaikan 11 balapan saja," ujar Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Gatot Dewa Broto, di Kemenpora, Senin (25/4).
 
Sejumlah dana yang digelototrkan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) termasuk Garuda Indonesia dinilai belum maksimal. Program layanan pesan singkat (SMS) Donasi untuk Rio pun tak menunjukkan angka signifikan.
 
Untuk balapan selama satu musim di F1, Rio mau tak mau harus membawa dana sponsor sebesar 15 juta euro kepada tim Manor. Namun, hingga kini pihak Rio baru membayarkan 5,25 juta euro.
 
Usai seri balapan ketiga di GP China, 17 April lalu, Pertamina dikabarkan segera menyetorkan tiga juta euro. Kementerian Pariwisata juga akan mengeluarkan dana sebesar 300 ribu euro untuk promosi program Wonderful Indonesia di mobil Rio.
 
Meski begitu dari total yang sudah terkumpul, dana tersebut masih kurang 6,2 juta euro. Apabila 15 juta euro itu tidak terbayarkan, Rio hanya dapat balapan setengah musim dengan hanya membayar 7,5 juta euro pada akhir Mei nanti.
 
"Manor bukan menagih uangnya, tapi hanya meminta konfirmasi. Tentu kami masih minta tolong pihak Manor untuk menunggu. Kami masih menunggu kalau ada sponsor yang segera masuk," kata Indah.
 
Indah sendiri mengaku sudah ke berbagai tempat untuk mencari dana tambahan, agar Rio tidak balapan hanya setengah musim di F1 2016. Namun, belum ada pihak yang pegang komitmen penuh. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri