Taklukkan Fiorentina 2-1, Selangkah Lagi, Juve!

Taklukkan Fiorentina 2-1, Selangkah Lagi, Juve!
Juventus selangkah lagi jadi juara Serie A.
JAKARTA - Juventus selangkah lagi jadi juara Serie A setelah sukses menaklukkan tuan rumah Fiorentina di Artemio Franchi dengan skor 2-1.
 
Raihan tiga poin di laga berat ini membuat Juventus kini mengoleksi 85 poin, unggul 12 angka dari Napoli yang belum memainkan pekan ke-35 mereka.
 
Bila Napoli gagal menaklukkan AS Roma, maka Juventus sudah bisa berpesta pekan ini. Andaikata Napoli sukses mengalahkan Roma, Juventus pun hanya butuh hasil seri lawan Carpi di pekan depan untuk mengunci titel Serie A musim ini.
 
Dari jalannya laga, Juventus sudah mencetak gol di menit ke-15 lewat Sami Khedira memanfaatkan umpan matang Mario Mandzukic. Namun gol ini tak sah lantaran Khedira berada di posisi offside.
 
Lima menit berselang, giliran Fiorentina yang harus menelan pil pahit lantaran gol Federico Bernardeschi juga tak disahkan oleh hakim garis.
 
Setelah dua gol yang dianulir, tensi pertandingan semakin meningkat. Usai saling tukar serangan, Juventus akhirnya unggul 1-0 lewat gol Mandzukic di menit ke-39.
 
Gol ini bermula dari umpan matang Khedira ke arah Paul Pogba yang berdiri di kotak penalti. Pogba sukses memenangi duel udara namun pemain Perancis ini memilih melakukan sundulan ke arah Mandzukic dibanding langsung mengarahkannya ke gawang.
 
Keputusan Pogba ini tak diduga oleh bek-bek Fiorentina sehingga Mandzukic dengan leluasa mengirim bola masuk ke gawang.
 
Tensi pertandingan semakin meningkat di babak kedua. Fiorentina yang tak mau kalah di depan pendukungnya sendiri melakukan serangan dengan gencar. Josip Ilicic mendapat kesempatan melakukan tembakan ke gawang di menit ke-51 namun tembakannya masih jauh dari sasaran.
 
Empat menit kemudian, giliran Juventus yang berkesempatan menggandakan keunggulan lewat Pogba. Mantan pemain Manchester United itu mendapat kesempatan satu lawan satu dengan Tatarusanu namun gagal memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik.
 
Setelah terus menggempur pertahanan Juventus, Fiorentina akhirnya mendapatkan gol penyama kedudukan di menit ke-81 lewat Nikola Kalinic.
 
Menerima sodoran bola dari Mauro Zarate, Kalinic yang tak mendapatkan pengawalan ketat memutuskan untuk melakukan tembakan dari luar kotak penalti. Tembakan Kalinic ke arah tiang jauh tak mampu dijangkau oleh Gianluigi Buffon sehingga membuat skor jadi 1-1.
 
Namun kegembiraan Fiorentina tak berlangsung lama. Dua menit berselang, Juventus kembali unggul lewat gol dari Alvaro Morata. Morata yang masuk sebagai pemain pengganti mendapat bola liar hasil tendangan Patrice Evra. Morata pun tanpa kesulitan berarti menceploskan bola ke dalam gawang.
 
Pada menit-menit akhir, Fiorentina mendapatkan penalti setelah Juan Cuadrado melakukan pelanggaran terhadap Kalinic. Tetapi peluang emas ini gagal dimanfaatkan Kalinic setelah eksekusi penaltinya dimentahkan oleh Buffon.
 
Kalinic lagi-lagi gagal memanfaatkan peluang untuk menyamakan kedudukan di masa injury time. Setelah gagal melakukan penalti, sundulan Kalinic membentur tiang. (max/cnn)
 
 
Fiorentina (4-2-3-1)
 
Tatarusanu; Tomovic, Rodriguez, Astori, Alonso; Badelj (Roncaglia 88), Valero; Tello (Fernandez 62), Ilicic (Zarate 53), Bernardeschi
 
Juventus (3-5-2)
 
Buffon; Barzagli, Bonucci, Rugani; Lichsteiner (Cuadrado 88), Khedira, Lemina, Pogba (Asamoah 84), Evra; Dybala (Morata 70), Mandzukic
 


Berita Lainnya

Index
Galeri