Hasil GP Spanyol 2016: Rossi Juara, Lorenzo Kedua, Marquez Ketiga

Hasil GP Spanyol 2016: Rossi Juara, Lorenzo Kedua, Marquez Ketiga
Valentino Rossi.
JEREZ - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, berhasil finis di urutan pertama pada GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (24/4/2016). 
 
Bagi Rossi, ini merupakan kemenangan pertamanya pada GP Spanyol sejak terakhir melakukannya pada 2009.
 
Rossi memimpin sepanjang 27 putaran balapan. Dari pole position, Rossi melakukan start dengan baik.
 
Dia berhasil mempertahankan posisinya dari tekanan rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, hingga akhir lap pertama.
 
Dani Pedrosa (Repsol Honda) yang start dari posisi ke-7 sudah berada di posisi ketiga, di depan rekan satu timnya, Marc Marquez.
 
Dani Pedrosa (Repsol Honda) yang start dari posisi ke-7 sudah berada di posisi ketiga, di depan rekan satu timnya, Marc Marquez.
 
Pada lap kedua, Lorenzo sempat melewati Rossi, tetapi hanya sesaat. Pada akhir lap, Rossi masih memimpin, diikuti Lorenzo, lalu Marquez di posisi ketiga.
 
Memasuki lap keempat, Rossi mulai membuka jarak hingga 0,5 detik. Dia menyelesaikan lap ketiga sebagai pebalap tercepat dengan 1 menit 40,090 detik.
 
Rossi membuka jarak hingga 0,8 detik pada akhir lap keenam. Lorenzo harus bekerja keras mempertahankan posisi kedua dari tekanan Marquez.
 
Pada akhir lap keenam, Maverick Vinales (Suzuki Ecstar) naik ke posisi keenam setelah melewati Andrea Dovizioso (Ducati).
 
Balapan tersisa 20 putaran ketika Rossi unggul 1,8 detik dari Lorenzo dan Marquez.
 
Sementara itu, Pedrosa dan Aleix Espargaro (Suzuki Ecstar) bersaing memperebutkan tempat keempat.
 
Pada awal lap ke-10, Dovizioso yang tengah berada di urutan ke-7 harus keluar dari balapan. Dia merasa tidak aman karena terlalu banyak sliding.
 
Bagi pebalap Italia tersebut, ini adalah kali kedua dia gagal finis pada musim 2016 setelah dua pekan lalu tertabrak Pedrosa pada GP Americas.
 
Di depan, Rossi memimpin 2 detik lebih saat balapan berjalan 11 putaran. Lorenzo dan Marquez bersaing untuk mendapatkan tempat kedua.
 
Di belakang mereka, Pedrosa masih berusaha menjaga tempatnya dari kejaran Espargaro.
 
Marquez mendapat masalah dan mulai tertinggal dari Lorenzo. Pada lap ke-17, dia tertinggal 1,6 detik. Satu lap berikutnya, jarak keduanya menjadi 2,6 detik.
 
Lorenzo mulai mengejar Rossi. Sembilan putaran tersisa, jarak mereka menjadi 2,1 detik. Jarak keduanya berkurang pada lap berikutnya.
 
Rossi membalap secara brilian dan bertahan dari tekanan Lorenzo. Dia kembali membuka jarak. Lima puataran tersisa, dia unggul 3,3 detik atas Lorenzo.
 
Pada dua putaran terakhir, Rossi semakin nyaman di depan dan unggul 4,2 detik atas Lorenzo.
 
Dia bertahan di depan hingga balapan berakhir. Rossi mencatat kemenangan pertamanya pada musim ini.
 
Lorenzo finis di urutan kedua, dan Marquez melengkapi podium dengan finis di urutan ketiga. (max/kcm)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri