Patroli Karhutla, Babinsa Koramil 05 Kampar Kiri dan Tim Gabungan Cek Kanal Penampungan Air di Desa Rantau Kasih

Patroli Karhutla, Babinsa Koramil 05 Kampar Kiri dan Tim Gabungan Cek Kanal Penampungan Air di Desa Rantau Kasih

KAMPAR - Babinsa Koramil 05 Kampar Kiri Kodim 0313 Kampar bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kampar Kiri Hilir dan Manggala Agni Daerah Operasi Pekanbaru melakukan patroli gabungan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Patroli ini sekaligus mengecek kanal penampungan air di Desa Rantau Kasih, Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Kabupaten Kampar, Senin (6/7/2020).

Babinsa Rantau Kasih Sersan Satu Suyadi mengatakan, patroli karhutla dilakukan dengan cara melakukan pendekatan dan pemahanam kepada masyarakat. Tim juga menyampaikan maklumat tentang larangan melakukan pembukaaan lahan atau hutan dengan cara membakar.

"Maklumat itu berisi tentang upaya pencegahan terjadinya kabut asap dan bahaya pencemaran lingkungan," ujarnya.

Sementara itu, Danramil 05 Kampar Kiri Kodim 0313 Kampar Mayor Arh Gunawan menjelaskan, kegiatan patroli karhutla dilakukan ke semua desa yang wilayahnya rawan. Dalam patroli karhutla ini diberdayakan para Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang bergabung dengan Tim Manggala Agni. 

"Tim ini memantau dan mencegah terjadinya karhutla. Tim juga memberikan sosialisasi ke masyarakat bahwa karhutla masih menjadi masalah bagi semua kalangan," katanya.

Karhutla ini dapat merugikan banyak pihak. Karhutla juga menimbulkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

"Untuk itu, kami mengimbau agar masyarakat tidak membakar lahan dan hutan dengan sembarangan,” ucap Mayor Gunawan. (rilis)


Berita Lainnya

Index
Galeri