Lawan Covid-19, Pemcam Inuman Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Seluruh Desa

Selasa, 05 Mei 2020 | 13:21:23 WIB
Lawan Covid-19, Pemcam Inuman Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Seluruh Desa
Ket Foto :

TELUKKUANTAN - Untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19) Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau telah melakukan penyemprotan cairan Disinfektan di seluruh desa setempat.

Dikatakan Camat Inuman Arifin, SE kepada Riaurealita.com, Selasa (5/5/2020) penyemprotan tersebut dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 di wilayahnya.

Di mana tempat yang menjadi sasaran dan fokus dalam penyemprotan oleh Pemerintah Kecamatan Inuman yakni tempat ibadah, sekolah, pasar-pasar, kantor, jalan-jalan umum, dan juga di rumah warga.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, pihak kecamatan melalui pemerintah desa  juga memberikan imbauan dengan memasang baliho di setiap desa.

"Sampai hari ini kita sudah lakukan penyemprotan disinfektan sebanyak empat kali di seluruh desa yang ada di Kecamatan Inuman," terang Arifin.

Selain itu, dalam penyemprotan tersebut, pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait, di antaranya pihak UPT Puskesmas Inuman, Pemerintah Desa (Pemdes) se-Kecamatan Inuman, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan instansi lainnya.

"Sejauh ini, kita lihat dulu perkembangannya dari UPT Puskemas kita terhadap ODP itu. Jadi apabila kasus ODP di Kecamatan Inuman makin berkembang kemungkinan akan kita lakukan perencanaan ulang dalam penyemprotan," ungkapnya.

Di tempat terpisah Kepala UPTD Mustopa, A.Md,Kep melalui Tim Surveylan Puskesmas Kecamatan Inuman Yendri, A.Mk mengatakan sampai saat ini sudah mencapai 93 ODP di Kecamatan Inuman.

Kemudian, yang masih dalam pemantauan sebanyak 22 orang dan sudah lewat masa pemantauan sebanyak 71 orang. Sedangkan untuk PDP saat ini nihil, Terkonfirmasi Positif dan Orang Tanpa Gejala juga nihil.

Untuk itu, Yendri juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Inuman supaya hidup bersih, hindari Kerumunan, sering cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, serta pakai masker bila keluar rumah supaya tidak terjangkit Virus Corona.

Sementara itu, Kepala Desa Kampung Baru Koto Khairul mengatakan saat ini pemerintah kecamatan dan pemerintah desa se-kecamatan Inuman telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah tempat yang ada di Desa.

"Yang jelas penyemprotan itu kita lakukan di kantor desa, Sekolah, masjid dan mushola, dan klenteng. Tidak lupa, tempat umum lainnya juga menjadi sasaran penyemprotan. Seperti warung-warung kopi, dan pasar," ungkapnya.

Dikatakan Khairul, sebelumnya imbauan turut disampaikan kepada masyarakatnya dalam menekan peredaran wabah Virus corona di Desa Kampung Baru Koto. Salah satunya imbauan kepada masyarakat Desa Kampung Baru Koto.

"Imbauan dari Kades bagi warga yang pulang dari luar daerah harus melaporkan ke Postu dan RT setempat. Sedangkan bagi warga jangan terlalu panik dan agar membuat tempat cuci tangan di depan rumah, masjid, dan warung masing-masing untuk menjaga kesehatan supaya terhindar dari virus," imbaunya. (adv/ales)