Sofyan: Upaya Akselerasi Pembangunan Harus Dikoordinasikan Secara Berjenjang

Sofyan: Upaya Akselerasi Pembangunan Harus Dikoordinasikan Secara Berjenjang

BENGKALIS - Tokoh masyarakat dan perangkat Desa Pambang Baru bersilaturahim bersama Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis di Aula Kantor Desa Pambang Baru di Jln. Sri Wijaya Dusun Mandiri, Minggu (02//02/2020).

Kepala Desa Pambang Baru Edi Zakri yang didampingi Kasi Pemerintahan Saktiwan mengatakan tujuan silaturahim bersama Ketua Komisi IV Sofyan Dapil I Bengkalis Bantan ini sekaligus ingin menyampaikan usulan pembangunan yang ada di Desa Pambang Baru, bagaimana upaya usulan-usulan ini nantinya dapat terakomodir melalui Musrenbang tingkat desa dan kecamatan yang akan dilaksanakan nanti.

“Dengan kerjasama pihak DPRD usulan ini diharapkan dapat perhatian dari pemerintah dan dapat berjalan setiap tahun,” ucapnya.

Dalam acara ini Selain Ketua Komisi IV Sofyan, juga di undang pihak Bappeda yang diwakilkan kepada Kabid Perencanaan Azwir.

Ketua Komisi IV Sofyan dalam sambutannya menyampaikan bahwa silaturahim ini merupakan rasa kekhawatiran dan kepedulian bersama terkait percepatan pembangunan di Desa Pambang Baru. Harus ada upaya akselerasi pembangunan tidak hanya kepala desa tapi harus berjenjang, yang paling penting adalah koordinasi mulai dari pengusulan, pengawalan sampai proses pengesahan.

“Musrenbang Kecamatan akan diadakan sebentar lagi, disana usulan-usulan prioritas dari kepala desa akan disampaikan ke Pemerintah Kabupaten”, Ungkapnya.

Usulan-usulan itu akan dirumuskan di dalam RAPBD berdasarkan masukan di Musrenbang, program-program bupati dan pokok-pokok pikiran DPRD dalam bentuk RKPD yang kemudian diusulkan ke provinsi. Setelah disetujui oleh provinsi baru akan diasumsikan berapa kemampuan APBD di tahun tersebut dan selanjutnya di bahas di DPRD. “Oleh karena itu, usulan-usulan prioritas harus kita koordinasikan dan kawal bersama-sama hingga sampai ke pembahasan di DPRD nanti”, Sebutnya.

Terkait pembangunan jalan poros sudah dikoordinasikan ke OPD terkait untuk memprioritaskan Desa Pambang Baru, sehingga masyarakat bisa menikmati jalan yang lebih layak lagi. Proses ini akan ia kawal bersama-sama dengan anggota DPRD yang lainnya.

“Kita akan sama-sama berjuang agar percepatan pembangunan di Kabupaten Bengkalis bisa diwujudkan, terutama masalah jalan poros yang harus diprioritaskan”.

Ia juga menyampaikan bahwa ada bantuan untuk masyarakat tidak mampu berupa bantuan usaha dari Dinas Sosial yang bisa diusulkan langsung, usulan tersebut nantinya akan diverifikasi kelayakannya sebelum diberikan kepada masyarakat. Bantuan tidak hanya bersumber dari APBD namun juga dari dana pusat yang dikucurkan ke Daerah.

Selain bantuan tersebut, Sofyan juga menginformasikan bantuan-bantuan lain dari berbagai bidang yang bisa diusulkan oleh masyarakat seperti dibidang pendidikan untuk anak sekolah, bidang sosial berupa bantuan PKH, di bidang kesehatan berupa bantuan jaminan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu, dan juga bantuan-bantuan lainnya. Sebagai Ketua Komisi IV di bidang kesejahteraan dan sumber daya manusia, Sofyan bersama anggotanya akan memperjuangkan aspirasi-aspirasi dari masyarakatnya. (Ardo)


Berita Lainnya

Index
Galeri