Bupati Rohul Resmikan Pasar Tripa dan Unit Usaha Depot Air Minum Bumdesa Mandiri Jaya Makmur

Kamis, 20 Februari 2020 | 18:13:04 WIB
Bupati Rohul Resmikan Pasar Tripa dan Unit Usaha Depot Air Minum Bumdesa Mandiri Jaya Makmur
Ket Foto :

ROHUL - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman meresmikan Unit Usaha baru Depot Air Minum isi ulang Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Mandiri Jaya Makmur dan Pasar Tripa, Desa Rawa Makmur, Kecamatan Bonai Darussalam, Rabu (19/2/2021). Peresmian Pasar desa dan Depot air ini ditandai dengan penguntingan pita.

Yang disaksikan sejumlah Kepala OPD Rohul, seperti Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadis Perindag Rohul Drs Hen Irfan, Kadis DPPKB Rohul Drs Sariaman M.Si, Kaban Kesbangpol Rohul Musri S.Sos, Plt Camat Bonai Darussalam Setyono, Pjs Kades Rawa Makmur H. Andesko TD SE MM, Kepala Desa Kepenuhan Hilir T. Kasmijon, Kades Pasir Luhur Soleman dan tokoh masyarakat.

Tokoh masyarakat Desa Rawa Makmur Prayetno saat dikonfirmasi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rohul H. Sukiman yang telah berkunjung ke Desanya. Ia berharap kepada Bupati Sukiman untuk menyelesaiksan persoalan tapal batas desa dan berikan perhatian yang lebih untuk pembangunan di Desa Rawa Makmur.

"Kami berharap kepada Bupati untuk menyelesaikan Tapal batas desa antara Desa Rawa Makmur dengan Desa Kepenuhan Hilir, Desa Kasang Mungkal dan Desa Pasir Luhur. Selain itu, pak Bupati lebih peduli dengan peningkatan insentif guru honor," kata Prayetno yang juga mantan Kades Rawa Makmur ini.

Sementara itu, Pjs Kades Rawa Makmur H. Andesko TD SE MM mengatakan dengan diresmikannya Pasar Tripa Makmur ini, Ia berharap kepada Pemkab Rohul untuk membantu penambahan pembangunan los pasar, baik bersumber dari APBD maupun dana dari pusat. Sehingga pasar desa ini lebih maju dan berkembang kedepannya.

"Pasar Desa ini kita bangun dari dana ADD, kami harapkan kedepannya ada bantuan dari Pemkab Rohul melalui Dinas Perindag Kabupaten Rohul melalui APBD 2020 ini," katanya

Andesko menambahkan, Pemerintah Desa Rawa Makmur kedepannya merencanakan untuk memperluas pasar dengan menambah 2 unit Los, pasalnya luas areal pasar desa ini sekitar 2 hektar yang merupakan tanah milik desa.

Berdasarkan laporan MPTB BUMDesa Mandiri Jaya Makmur, Andesko menjelaskan pada tahun buku 2019 Bumdesa meraih SHU sebesar Rp 200 juta, yang dapat menyumbang PADes sebesar Rp 20 juta dan memberikan santunan kepada anak yatim dan warga kurang mampu.

“Bumdesa Mandiri Jaya Makmur ini bergerak di unit usaha Simpan Pinjam, ATK, brilink BRI dan unit depot air minum isi ulang, yang baru saja diresmikan langsung oleh pak Bupati Sukiman,” kata Andesko

Andesko berharap kepada Bupati Sukiman untuk meningkatkan pembangunan baik dibidang Infrastruktur jalan, Pendidikan, Kesehatan dan pertanian.

Menanggapi permintaan masyarakat, Bupati Rohul H. Sukiman mengaku berkomitmen dan berupaya untuk menyelesaikan persoalan tapal batas desa, Apalagi Diakui Sukiman, Pemkab Rohul pernah mendapat penghargaan tingkat nasional tentang percepatan penetapan dan penegasan batas desa dari Kemendagri.

“Peneyelesaian tapal batas desa ini sudah menjadi komitmen kita, untuk penyelesaian tapal batas desa Rawa Makmur ini akan saya instruksikan bagian Administrai Wilayah (Adwil), Tapem dan Camat untuk menyelesaikan persoalan tapal batas desa ini," katanya

"Sementara untuk peningkatan insentif tenaga honorer kita akan berkoordinasi dan mendata dengan Disdikpora Rohul, tentunya ini melalui proses dan sesuai dengan aturan yang berlaku, kita juga akan memberikan bantuan untuk kesenian tradisional didesa ini,” kata Sukiman

Bupati Sukiman juga mengapresiasi BUMDesa Mandiri Jaya Makmur dari perguliran dana dan SHU nya dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Apalagi pengelolanya terus berinovasi menambah unit usaha baru, seperti Unit usaha Depot air minum isi ulang yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Saya apresiasi sekali Bumdesa ini, dengan tunggakan yang minim, antara Pengelola dan pemanfaatnya jujur, apalagi dengan penambahan unit usaha baru depot air minum yang baru saya resmikan ini, Bumdesa ini kedepannya saya optimis akan semakin maju dan jaya,” katanya

Disela kegiatan MPTB Mandiri Jaya Makmur, Bupati Sukiman juga meresmikan Pasar Tripa Desa Rawa Makmur. Ia berharap dengan diresmikan pasar ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Terkait permintaan masyarakat untuk penambahan los, Bupati Sukiman mengaku berupaya untuk meningkat sarana dan prasarana pasar tersebut melalui Disperindag Rohul, baik bersumber dari APBD Rohul maupun dana DAK.***(Adv Pemkab Rohul)