Dicari, Pebalap ke-24 MotoGP Musim 2017

Dicari, Pebalap ke-24 MotoGP Musim 2017
Dorna, membentuk komite pemilihan dan membuka pendaftaran pebalap ke-24.
JAKARTA - MotoGP membuka lowongan pebalap ke-24 untuk musim 2017. Setiap tim yang berminat mengisi posisi pebalap ke-24 memiliki waktu hingga 29 April mendatang.
 
Kedatangan KTM sebagai tim pabrikan baru membuat MotoGP 2017 akan bertambah dua pebalap menjadi 23. Namun jumlah itu masih kurang dari target MotoGP, yang menginginkan musim 2017 diikuti 24 pebalap.
 
Seperti dikutip dari Eurosport, kondisi itu membuat Asosiasi Tim MotoGP (IRTA), Federasi Sepeda Motor Internasional (IRTA), dan pemegang hak komersial MotoGP, Dorna, membentuk komite pemilihan dan membuka pendaftaran pebalap ke-24.
 
Setiap tim baru atau lama yang berminat mengisi pebalap ke-24, diwajibkan mendaftar sebelum 29 April mendatang. Nantinya akan dilakukan seleksi.
 
"Tim yang dianggap calon potensial, kemudian akan diberikan rincian lebih lanjut dan diminta menyerahkan rincian lengkap tentang proyek mereka. Keputusan akhir akan menjadi tanggung jawab panitia seleksi yang terdiri delegasi dari FIM, Dorna dan IRTA," demikian pernyataan resmi MotoGP.
 
MotoGP memang terbantu dengan kembalinya Suzuki dan masuknya KTM. Namun, dalam beberapa tahun terakhir banyak tim yang meninggalkan ajang balap motor yang kali pertama digelar pada 1949 tersebut.
 
Paul Bird Motorsport, Forward Racing, Cardion AB, dan Ioda adalah sejumlah tim yang meninggalkan MotoGP dalam dua tahun terakhir. Demi menarik kembali minat tim untuk masuk MotoGP, regulasi kejuaraan pun sedikit diringankan.
 
Salah satu langkah yang dilakukan MotoGP untuk memastikan balapan selalu diikuti 22 hingga 24 pebalap setiap musimnya adalah membuat paket bantuan keuangan hingga musim 2021.
 
Nantinya tim pabrikan seperti Yamaha, Honda, Ducati, Suzuki, Aprilia, dan KTM harus bisa menyuplai dua hingga empat sepeda motor kepada tim lainnya. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri