Banyak Warga Terserang DBD, Dewan Minta Diskes Proaktif.

Banyak Warga Terserang DBD, Dewan Minta Diskes Proaktif.
Romi Alfisyah Putra, SE Ketua Komisi III DPRD Kuansing.

 

TELUKKUANTAN- Akhir akhir ini banyak warga Kuansing terserang wabah Demam Berdarah Degue atau DBD. Terkini didapat kabar, sejumlah warga kecamatan Benai, Simandolak di duga terserang DBD dan di rawat di sejumlah rumah sakit dan klinik kesehatan di Kuansing.

Menyikapi kondisi ini, Ketua Komisi III DPRD Kuansing Romi Alfisyah Putra, SE saat dihubungi awak media di Pekanbaru  Rabu, meminta pemerintah daerah proaktif dalam menyikapi kondisi yang terjadi.

Kalau sudah terjadi wabah, maka Diskes harus melakukan fogging dilokasi atau titik terjangkitnya wabah DBD itu.

Jangan tunggu makan korban baru bertindak, tegas Romi.
Jika diperlukan, melalui kajian dan data jadikan Kondisi Luar Biasa atau KLB, agar masyarakat terlindungi dan mendapat perlindungan dari kondisi yang terjadi, pungkasnya.

Lebih jauh Romi menjelaskan, harusnya Diskes melakukan antisipasi atau pencegahan jauh jauh hari mengingat kondisi ini akan terjadi tiap tahun. Gencarkan propaganda tentang pencegahan dan bahaya DBD ini, kepada masyarakat. Agar semua elemen ikut berpartisipasi melakukan pencegahan, kata Romi.

Kalau sudah terdapat warga yang terserang DBD, lakukan  fogging dengan segera. Jangan menunda nunda, tegasnya.

Selain itu, Romi juga menegaskan agar petugas kesehatan di kecamatan, atau Puskesmas juga proaktif melaporkan tiap kejadian. Jika sudah mewabah di daerahnya, laporkan segera dan minta dilakukan tindakan, itu gunanya ada UPTD Kesehatan di tiap kecamatan, imbuh Romi.

Oleh sebab itu, Romi menilai Diskes Kuansing lamban dalam menyikapi kondisi yang terjadi saat ini.(rls/hms)


Berita Lainnya

Index
Galeri