Usai Dilantik, DPRD Pelalawan Gelar Paripurna Perdana Pengesahan Alat Kelengkapan Dewan

Rabu, 02 Oktober 2019 | 16:06:47 WIB
Usai Dilantik, DPRD Pelalawan Gelar Paripurna Perdana Pengesahan Alat Kelengkapan Dewan
Ket Foto :

PELALAWAN (RiauRealita.com) - DPRD Kabupaten Pelalawan masa jabatan 2019 - 2024 mengawali masa tugasnya sebagai wakil rakyat di negeri seiya sekata ini dengan mensahkan alat kelengkapan dewan melalui paripurna pengesahan pada Senin (30/9/2019). Paripurna ini merupakan paripurna perdana pula bagi tiga pimpinan dewan definitif pasca pelantikan pekan lalu.

Paripurna pengesahan Alat Kelengkapan Dewan diikuti oleh 30 anggota yabg hadir dan dipimpin oleh Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi ST MM didamping Wakil Ketua I Syafrizal SE dan Wakil Ketua II H Anton Sugianto SUD.

"Berdasarkan tata tertib dewan, rapat paripurna ini sah untuk mengambil keputusan karena dihadiri 30 dari 35 anggota dewan," kata Adi Sukemi setelah membukan rapat.

Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi

Adi Sukemi menerangkan, setelah dilakukan beberapa rapat dan fraksi-fraksi mengirimkan nama-nama anggotanya dalam mengisi seluruh alat kelengkapan dewan hingga diambil keputusan akhir untuk disahkan.

Jalannya rapat pengisian pos pos AKD oleh masing masing fraksi berjalan cukup alot. Bahkan rapat sempat diskors lantaran ada interupsi dari anggota fraksi yang salah menempatkan anggotanya.

Paripurna membutuhkan waktu agar fraksi fraksi dapat memperbaiki nama nama anggota yabg akan ditempatkan dalam komisi sebelum palu di ketuk. "Kita berharap setelah pengesahan ini bisa berjalan dengan baik semua tugas pokok dan fungsi anggota dewan," terang Adi Sukemi.

Pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan

Adapun nama-nama yang mengisi struktur AKD dimuatkan dalam lampiran diantaranya:

Komisi I diketuai oleh Imustiar, Wakil Ketua H Abdullah, Sekretaris Sudirman S.Sos. dengan angotanya adalah H Burhan Manjo, Nasarudin SH, Sozi Fao Hia, Faizal, Indra Kampe, Rahman Wijayanto, Rudianto Sihombing, Yose Indrawan.

Komisi II diketuai oleh Abdul Nasib, Wakil Ketua Carles S.Sos, Sekretaris Muswardi SP. Dengan anggotanya yakni Baharuddin, Sunardi, Musri Efendi, Sukardi, Yusri, Epi Zulvian, Salahudin, dan Robinhod Saragih.

Komisi lll diketuai oleh Monang Elizer Pasaribu, Wakil Ketua Said Mashudi, dan Junaidi Purba menduduki Sekretaris. Dengan anggotanya yakni Abdul Muzakir, Afrizal, Parji, Nazaruddin Arnazh, Adnri Fransiscus Pane, Suwandi, dan Yuliasa Gulo.

Sedangkan Badan Anggaran DPRD Pelalawan dibawah pimpinan dewan Ketua Adi Sukemi, Syafrizal dan Anton Sugianto sebagai wakil ketua.Anggota Banggar antara lain Bahruddin, Imustiar, Said Mashudi, Nasarudin, Sozi Fao Hia, Carles, Sudirman, Abdullah, Faizal, Indra Kampe, Rahman Wijayanto, Abdul Nasib, Muswardi, Epi Zulpian, Monang Elizer Pasaribu, Yose Indrawan, Yuliasa Gulo.

Badan Musyawarah juga dipimpin ole pimpinan dewan Adi Sukemi sebagai ketua dan Wakil Ketua Syafizal serta Anton Sugianto. Anggota Bamus diantaranya Afrizal, Sunardi, Burhanudin Manjo, Parji, Musri Efendi, Sudirman, Sukardi, Yusri, Andri Fransiscus Pane, Suwandi, Rudianto Sihombing, Salahudin, Junaidi Purba, dan Robinhod Saragi, Muswardi.

Bapem Perda diketuai oleh Nasarudin SH, Wakil Ketua Salahudin dan anggotanya Baharudin, Imustiar, Sozi Fao Hia, Faizal, Parji, Nazaruddin Arnazh, Rahman Wijayanto, Monang Elizer Pasaribu, Yose Indrawan, Andri Fransiscus Pane, Suwandi, Yuiasa Gulo.

Badan Kehormatan diketuai Rahman Wijayanto, Wakil Ketua Indra Kamp, dan anggotanya Epi Zulfian, Robinhood Saragih, dan Abdul Muzakir.

Satu pecan sebelumnya, tepatnya pada tanggal 23 September 2019 sudah di gelar paripurna pelantikan pimpinan DPRD kabupaten pelalawan periode 2019-2024 yakni, Ketua DPRD Adi Sukemi yang berasal dari Partai Golkar dengan kedua orang Wakil Ketua yakni Syafrizal  dari PDIP dan Anton Sugianton Sud dari PAN. Pimpinan DPRD Pelalawan diberikan kepada partai politik peraih kursi terbanyak pada Pileg 2019 lalu.

Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan

Bupati Pelalawan HM Harris yang hadir pada pelantikan tersebut, dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam melanjutkan dalam melaksanakan tugas dewan sebelumnya, DPRD diharapkan bisa bekerjasama dengan mengkedepankan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat. Dimana hal itu semua bertujuan untuk membangun daerah demi kesejahteraan masyarakat di negeri seiya sekata ini baik itu eksekutif maupun legislatif.

Bupati Pelalawan dua periode ini berharap adanya kritikan dan masukan semua elemen masyarakat termasuk legislatif untuk pelalawan yang lebih baik karena apa yang kita perbuat saat ini akan di nikmati oleh anak dan cucu pelalawan kelak dimasa yang akan datang.

“Mari kita bersinergi bersama, untuk membangun Kabupaten Pelalawan lebih baik lagi di masa akan datang,” pungkasnya. (Parlementaria/Nada)