Untuk Pemerataan Pembangunan:

BAPPEDA LITBANG Kuansing Tahun Ini Gandeng Pihak Perusahaan Swasta Dan BUMN.

Kamis, 19 September 2019 | 19:29:31 WIB
BAPPEDA LITBANG Kuansing Tahun Ini Gandeng Pihak Perusahaan Swasta Dan BUMN.
Ket Foto : Poto: Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Kuantan Singingi Ir.H.Maisir, M.Si.

TELUKKUANTAN-Dalam Mendukung Progaram Visi - misi  Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menenggah (RPJMD) Daerah Kabupaten Kuansing, Bappeda Litbang berupaya  merencanakan penggangaran yang cepat, tepat, dan terarah.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang). Ir.H. Maisir,M.Si  Kepada riaurealita.com, Kamis (19/9/2019) di ruang kerjanya.

Dikatakan Maisir untuk mewujudkan program tersebut pihak pemerintah daerah melalui OPD terkait Bappeda Litbang akan menggandeng pihak swasta yang beroperasi di Kabupaten Kuantan Singingi.

Sampai sekarang, sudah lebih dari 47 perusahaan besar yang beroperasi di Kuansing, bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, pabrik kelapa sawit, Pertambangan batu bara, Perbankan dan lainnya.

Di katakan Ir.H. Maisir, M.Si yang didampingi oleh Sekretaris Bappeda Litbang Ir. Zapnil Helmi, M. Si "pihaknya Pemerintah Daerah melalui Bappeda Litbang dalam waktu dekat ini akan mengumpulkan pihak swasta dan pihak BUMN yang beroperasi di Kuansing", kata Maisir.

 

Sehingga dengan menggandeng swasta nantinya masyarakat yang berada di sekitar areal perusahaan bisa menikmati aktivitas perusahaan itu sendiri. 

"Mungkin sebelumnya perusahaan itu sudah berkontribusi terhadap desa sekitarnya".Tapi tak terkoordinir, padahal sangat baik dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, melalui Program CSR, pungkasnya.

Maisir juga menambahkan bahwa. Kita akan segera membentuk Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP). Karena kepedulian pihak perusahaan yang beroperasi di Kuansing masih dinilai sedikit," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan. Kami berharap tidak sampai disitu, kedepannya pihak swasta hendaknya memberikan bantuan atau pembinaan terhadap seluruh desa diwilayah Kuansing.

Kemudian di tempat terpisah Kabid Litbang Marlinda,S.P., M.P menjelaskan bahwa peran serta perusahaan terhadap pemerintah daerah sudah ada, tetapi belum terkoordinir secara maksimal.

Dengan program Corporate sosial responsibility (CSR) ini kedepannya pemerataan pembangunan di Kuansing dapat terwujud, Harap Marlinda.

Terakhir Maisir mengatakan bahwa Bappeda Litbang akan membuat terobosan baru, yaitu industri hilir. Ini bahan baku nya dari karet.

"Sehingga Dengan adanya Industri Hilir ini akan mendongkrak harga karet Petani", tutup Maisir.(Advetorial/ALES)