Sekda Rohul Launching Desa Teluk Aur Jadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Sekda Rohul Launching Desa Teluk Aur Jadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

PASIRPENGARAIAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), H. Abdul Haris, melounching Desa Teluk Aur, Kecamatan Rambah Samo, sebagai desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang ditandai pengguntingan pita, Senin (9/9/2019).

Kegiatan ini dipusatkan di halaman Kantor Desa Teluk Aur. Turut dihadiri Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Panam Ahmad Fauzan, Kadis Kominfo Rohul Gorneng S. Sos M. Si, Kadis TPH Rohul Mubrizal SP MMA, Kepala Badan Kesbangpol Rohul Musri S.Sos.

Ikut hadir dalam kegiatan itu, Camat Rambah Samo Adi Irawan SSTP, Mantan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Rohul Sawir dan Kepala Desa se Kecamatan Rambah Samo.

Dalam arahannya, Sekda Abdul Haris mengatakan, dilounchingnya Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Desa Teluk Aur merupakan salah satu program pemerintah yang menjangkau ke seluruh pelosok desa, sehingga bisa memberikan perlindungan dan jaminan ke pekerja di Desa Teluk Aur.

Sekda juga mendukung warga Teluk Aur untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan. Karena, dengan terdaftar di BPJS ketenagakerjaan itu bisa membantu pekerja bila terjadinya kecelakaan baik pekerja diperusahaan maupun pekerja buruh harian.

“Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan iuran per bulannya hanya Rp14.000 hingga Rp16.000. Iuran perbulannya cukup terjangkau sekali. BPJS ketenagakerjaan akan membantu pekerja itu ketika terjadinya kecelakaan kerja," kata Abdul Haris.

Sekda juga mengatakan, semakin luas sebaran desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan, semakin banyak masyarakat mejadi peserta perlindungan jaminan sosial Ketenagakerjaan.

“Dengan dilounchingya Desa Telauk Aur ini sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini mampu berdampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa, yang dapat membantu masyarakat ketika terjadi kecelakaan kerja,” harapnya

Kemudian, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru-Panam Ahmad Fauzan mengakui, kerjasama Pemkab, Kecamatan dan Pemerintahan desa itu membuktikan bahwa BPJS Ketenagakerjaan hadir di tengah-tengah masyarakat desa untuk memberikan perlindungan ketenagakerjaan.

“Untuk Pemerintah Desa Teluk Aur sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun 2017, tentunya pada saat ini Kades tidak memikirkan perangkat desanya saja namun memikirkan seluruh masyarakat desa Teluk Aur agar semuanya terlindungi dalam program jaminan sosial Ketenagakerjaan,” ucap Ahmad Fauzan.

Kepala Desa Teluk Aur Muslim SH menghimbau ke masyarakat, agar segera mendaftarkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan, kurang lebih selama 5 tahun ini mencapai 20 kasus kecelakaan kerja di Desa Teluk Aur seperti ditimpa kelapa sawit dan juga kecelakaan dalam bekerja lainnya.

"Kerjasama fasilitas yang kami dapat seperti Perisai (Penyeleggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan), itu salah satu model atau kelembagaan yang langsung berhubungan dengan pihak BP8JS di dalam klaim terjadi kecelakaan terhadap anggota atau pun peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sementara yang bergabung di BPJS Ketenagakerjaan saat ini kurang lebih sudah 90 orang yang ikut," ungkap Muslim. (Adv Pemkab Rohul)


Berita Lainnya

Index
Galeri