PC IBI Rohil Laksanakan Seminar Ilmiah dan Workshop Kebidanan

PC IBI Rohil Laksanakan Seminar Ilmiah dan Workshop Kebidanan
Bupati Suyatno saat membuka Seminar Ilmiah dan Workshop Kebidanan IBI Rohil.

BAGANSIAPIAPI - Dalam Rangka HUT IBI Ke - 68 Tahun 2019, Perwakilan Cabang (PC) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Rohil melaksanakan Seminar Ilmiah dan Workshop Kebidanan, Rabu (28/8/2019), di gedung H.Misran Rais, Bagansiapiapi. 

Tema yang diangkat pada kegiatan kali ini adalah "Bidan Melindungi Hak Kesehatan Reproduksi Melalui Pemberdayaan Perempuan dan Optimalisasi Pelayanan Kebidanan". Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Rokan Hilir, H.Suyatno yang ditandai dengan pemukulan gong.  

"Mudah-mudahan IBI dapat jaya selalu membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan Alhamdulillah hari ini sangat ramai sekali, IBI setiap tahunnya semakin meningkat," ucap Suyatno. 

Awalnya saya mendapat laporan, jumlah IBI di Rohil hanya 800 sekian orang, sekarang menjadi 1124 orang, ini angka yang luar biasa bagi sebuah komunitas untuk kita kembangkan, makanya harapan saya tadi sudah saya sampaikan melalui Ketua IBI untuk dapat senantiasa memberikan informasi-informasi kepada pemerintah daerah bilamana ada serba kekurangan IBI ini.

"Mudah-mudahan sekali lagi kita doakan IBI ini dalam rangka seminar dan sekaligus hari jadinya ke - 68 mudah-mudahan IBI tetap jaya selalu," ujar Suyatno. 

Lanjutnya, tadi juga sudah kita berikan bantuan yaitu berupa baju seragam 300 lembar dan itu juga masih kurang. Kita harapkan nanti dalam waktu yang relatif singkat agar Ketua IBI Rokan Hilir mengajukan proposal kepada Pemda untuk segera kita tindaklanjuti dalam tahun ini juga, sehingga semua IBI itu nanti kedepan sudah punya baju seragam, ini juga salah satu komitmen kita terhadap IBI yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

"Kehadiran atau keberadaan IBI itu sangat diharapkan oleh pemerintah daerah dalam rangka membantu pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dibidang kesehatan terutama sekali ibu-ibu yang mau melahirkan," sebut orang nomor satu di Rokan Hilir ini.  

Pada peringatan HUT Ke - 68, IBI Rohil juga mengadakan stand bazar dihalaman luar gedung H.Misran Rais. Adapun produk yang disediakan antara lain, berbagai macam produk kesehatan dan makanan ringan khas Kecamatan masing-masing ranting IBI.  

Ketua IBI Rohil, Rita Zahara mengungkapkan bahwa pada HUT ke - 68, PC IBI Rohil melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya melaksanakan pelayanan KB metode kontrasepsi jangka panjang, itu alhamdulillah kami menyaring 70 peserta yang dilakukan pemasangan implan, selanjutnya kami berikan sembako gratis, seperti beras, gula, minyak, teh dan kopi.

Terus selanjutnya pada hari kedua, kami juga melakukan ulang tahun bersama di Sekolah Luar Biasa (SLB) Rokan Hilir. Ternyata SLB ini banyak prestasinya sampai ke Nasional. Lalu selanjutnya kami juga ada kegiatan rutin yaitu kunjungan ke sepuh, kami ada 4 orang sesepuh, lalu hari ini hari puncaknya. 

"Anggota IBI Rohil berjumlah 1124 orang, kami yakin dan percaya bidan-bidan Rohil sudah melakukan tugasnya dengan optimal dan maksimal, namun juga ada halangan dan rintangan diluar sana, untuk itu mari kita bersama-sama tidak hanya bidan tapi juga lintas sektor, kami juga Alhamdulillah Pemerintah Daerah juga mendukung," ungkap Rita. 

Tambahnya, sejauh ini belum ada kesalahan yang fatal yang kami lakukan, namun juga ada keluhan-keluhan dari masyarakat, misalnya masyarakat membutuhkan Posyandu, pelan-pelan sudah kami berikan pengertian. 

Kemudian untuk kebutuhan Posyandu itu ditanggung oleh desa, dianggarkan dengan dana desa, untuk Dinas Kesehatan juga membantu peralatan kesehatan. 

"Kami Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Rokan Hilir berharap kerjasama yang sudah baik dari pemerintah daerah terus terjalin, dan kami juga berkomitmen bersama-sama dengan pemerintah dalam upaya menurunkan stunting di Kabupaten Rokan Hilir," harap Rita. 

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua IBI Provinsi Riau, Darmiati, A.Md. Keb. S.K.M., M.Kes, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohil, Kasatlantas Polsek Bangko, H.Pakpahan, Kasdim 0321/Rohil, Mayor Sumarno, anggota DPRD Rohil, Hj.Suryati, serta para peserta dan tamu undangan dari ranting IBI se - Kecamatan di Rohil.


Berita Lainnya

Index
Galeri