Sebanyak 525 Warga Binaan Lapas Pasirpengaraian Dapat Remisi di HUT RI ke-74

Sebanyak 525 Warga Binaan Lapas Pasirpengaraian Dapat Remisi di HUT RI ke-74

PASIRPENGARAIAN - Sempena HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74, 17 Agustus 2019, berkah bagi 525 Warga Binaan lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Pasir Pangaraian, Rokan Hulu (Rohul), Riau karena mendapat remisi dari Kementerian Hukum Hak Asasi Manusia (HAM) RI.

Pemberian SK Remisi dari Menkum HAM RI itu diserahkan Bupati Rohul H Sukiman secara simbolis kepada tiga perwakilan narapidana, Sabtu (17/8/2019). Selanjutnya Bupati Rohul H Sukiman membacakan pidato sambutan Menkum HAM RI, Yasona H Laoly, pada upacara pemberian remisi umum itu.

“Pada HUT RI yang ke 74 tahun ini, sebanyak 525 warga binaan kita dapat remisi dan satu napi langsung bebas,” kata M Lukman, Kalapas Kelas II B Pasir Pangaraian, Muhammad Lukman. Disebutkan Lukman, untuk pemberian remisi ini sudah mememuhi syarat subtansib dan syarat administratif, Sehingga 525 mendapat remisi.

Dijelaskan Lukman, saat ini total jumlah warga binaan di Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian, sebanyak 869 orang, sementara Nara Pidana (Napi) yang sudah diputus hukumannya sebanyak 742.

Warga binaan terbanyak, lanjutnya, terlibat kejahatan di bidang narkoba, katena itu pihaknya sudah berkomitmen stop narkoba di lingkungan Lapas,”. ”Jumlah itu sebenarnya sudah sangat oper kapasitas, karena kapasitas lapas kita hanya 175 orang, namun Kami berusaha semangat membina Napi kita ini serta  meningkat pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya. 

Pada rangkaian acara pemberian remisi itu juga dilakukan penandatangan Memorandum Of Undrestanding (MOU) antara Kalapas Kelas IIB Pasir Pangaraian dengan Pengurus Pondok Pesantern Raudatussalam, disaksikan bupati Rohul.

Bupati Rohul dudampingi Kalapas dan unsur Forkopimda Rohul juga memberikan penghargaan kepada Ustadz, Kiyai dan Pedeta yang sudah memberikan bimbingan di LP Kelas II B Pasir Pangaraian. 

Pemkab Rohul juga memberikan bantuan peralatan olahraga, untuk kegiatan olah raga, seperti Mini Soccer dari kamar Pramuka, Volly Ball dimenangkan kamar 2, sepak takraw dimenangkan kamar 2 dan perlombaan lainnya.

Di penghujung kegiatan HUT RI di Lapas Pasir Pengaraian juga ditampilkan kegiatan tarian kolosal yang sangat memukau dari Sangar Terali Besi Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian. (Adv pemkab Rohul)


Berita Lainnya

Index
Galeri