Loading...
EKONOMI

Hati-Hati! Hacker Ternyata Bisa Tahu Password Saat Mendengar Kamu Mengetik

Peretas atau hacker akan melakukan segala cara untuk mendapatkan akun orang lain yang ingin ia retas. Cara paling umum digunakan adalah mengetahui kata sandi yang sangat mudah ditebak. 

Cara lain yang lebih rumit, biasanya melibatkan phishing, di mana peretas membuat situs web yang meniru situs web dari layanan yang biasa kamu gunakan dan begitu kamu masuk ke layanan palsu tersebut, data kamu dapat dicuri.

Namun kini ternyata peretas tak perlu terlalu berusaha keras untuk masuk ke akun milik kamu. Hacker atau peretas kini memiliki cara sederhana untuk menemukan atau mencuri kata sandi.

Loading...

Kamu harus hati-hati! Pasalnya hacker atau peretas kini dapat mengetahui kata sandi atau password kamu hanya dari mendengarkan kamu mengetik.

Studi ini diterbitkan oleh University of Cambridge, Inggris dan Linkoping University di Swedia, tampaknya hacker dan peretas telah menemukan cara bagaimana kamu mengetik, jadi mungkin saja kata sandi dapat diperoleh hanya dengan mendengarkan.

Dilansir dari Ubergizmo, Sistem ini bukanlah yang paling sempurna, karena berdasarkan penelitian, algoritma mereka berhasil menebak 31 dari 50 login 4 digit dalam 10 kali upaya.

Tentu saja kata sandi yang lebih panjang dapat menimbulkan tantangan yang lebih besar karena banyaknya kemungkinan kombinasi, tetapi kenyataan bahwa itu masih dapat ditebak dan perlu diwaspadai. Penelitian ini menggunakan metode mengetik di smartphone atau tablet mereka.

Nantinya, para hacker akan mendengarkan gelombang suara yang dibuat dari jari kamu saat menyentuh layar, yang kemudian bergerak ke mikrofon ponsel, hal ini yang memungkinkan algoritma untuk mengetahui kata sandi.

Namun, tentu saja ini tergantung pada peretas atau hacker yang menginfeksi perangkat kamu dengan malware dan mendapatkan akses ke mikrofon perangkat smartphone untuk memulainya.

Tetapi kenyataan bahwa hacker atau peretas dapat meretas akun kamu hanya dari suara mengetik saja, hal itu sedikit menakutkan dan perlu kamu waspadai. 



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video