Awas! Minum Air Jahe Sembarangan Justru Berbahaya untuk Kesehatan

Awas! Minum Air Jahe Sembarangan Justru Berbahaya untuk Kesehatan

Jika kamu hobi minum air jahe, kamu harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Pasalnya, jika kamu asal sembarangan minum air jahe justru bisa membahayakan kesehatan.

Pakar kesehatan menyebut jahe yang diseduh dengan air mendidih di suhu 100 derajat Celcus akan membuat senyawa aktif di jahe menghilang. Padahal senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Lalu, penyebabnya apa ya kira-kira? Berikut beberapa efek samping jika minum air jahe sembarangan seperti yang telah diwartakan Jitunews.com.

1. Bisa sebabkan gangguan pencernaan

Bagi beberapa orang, jahe bisa menyebabkan mual, muntah, perut mulas, dan perut kembung. Jika mengonsumsinya saat perut kosong, bisa meningkatkan asam lambung.

2. Bisa mengganggu kinerja obat pengencer darah

Mereka yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah sebaiknya hindari mengonsumsi air jahe terlalu banyak. Pasalnya akan menurunkan kinerja obat jika dikonsumsi bersamaan dengan minuman jahe.

Guna menghindari efek-efek tersebut, kamu bisa menyeduh air jahe dengan menggunakan air hangat dengan suhu 60-70 derajat Celcius. Suhu ini dianggap tidak akan membuat berbagai senyawa aktif di dalam jahe menghilang.


Berita Lainnya

Index
Galeri