Kapolda Riau Resmikan Mako Polres Rohul yang Baru

Kapolda Riau Resmikan Mako Polres Rohul yang Baru

PASIRPENGARAIAN - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo, resmikan Markas Komando (Mako) Kepolisian Resort (Polres) Rokan Hulu (Rohul) senilai Rp 13 miliar, Rabu (26/6/2019).

Mako Polres Rohul berlokasi di Jalan Lingkar Kilometer 4 Desa Suka Maju Kecamatan Rambah. Kunjungan Kapolda pada Selasa (25/6/2019) malam, diawali dengan acara Temu Ramah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul.

Kehadiran Kapolda Riau bersama rombongan di lokasi acara, didampingi Bupati Rohul H. Sukiman dan Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua, disambut meriah personel Polres Rohul, serta Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) H. Zulyadaini yang ditandai dengan pengalungan bunga.

Diperesmian Mako Polres Rohul, dihadiri sejumlah perwira Polda Riau, Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, Forkompinda, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, Pabung Kodim 0313/KPR Rohul Mayor Inf Raflis Jon, para perwira di jajaran Polres Rohul, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ormas, dan undangan lainnya.

Kapolres AKBP M. Hasyim Risahondua dalam laporannya mengatakan, Polres Rohul berdiri pada pada 24 April 2002, beberapa tahun setelah Rohul dimekarkan dari daerah induknya Kabupaten Kampar.

Pada 2008, Polres Rohul mendapat hibah tanah seluas 8 hektare di KM 8 Pesagang Desa Sukamaju Kecamatan Rambah yang bersumber dari APBD Rohul.

Tapi, karena lokasi yang jauh dari komplek dan pertokoan, maka pembangunan yang sudah mencapai 80 persen tidak dilanjutkan dan diserahkan kembali ke Pemkab Rohul dan kini, gedung tersebut dipakai oleh Dinas Perhubungan Rohul.

Lalu di 2016 jelas AKBP M. Hasyim, Polres Rohul kembali mendapat hibah tanah dari Pemkab Rohul seluas 8 hektare di Jalan Lingkar Km 4 Desa Suka Maju, dan kemudian mulai dilakukan pembangunan Mako Polres‎ Rokan Hulu di awal Agustus 2018.

Di tahun yang sama, di kawasan tersebut juga dibangun rumah susun atau Rusun 3 lantai dengan 48 pintu oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, khusus untuk personel Polres Rohul.

Kapolres Juga mengungkapkan pembangunan Mako Polres Rohul di Jalan Lingkar KM 4 Desa Sukamaju ini dibantu dana APBN (DIPA RKA-KL Polres Rohul tahun anggaran 2018), dengan besaran anggaran sekira Rp13.478.280.000, dengan luas bangunan type 2.400.

Usai dibangun 2 lantai, Mako Polres Rohul yang baru ini juga akan dilengkapi fasilitas umum, termasuk sarana olah raga, rumah dinas mulai dari pejabat utama sampai anggota, lapangan tembak, dan masjid.

AKBP M. Hasyim menambahkan ,Mako Polres Rohul baru dibangun oleh rekanan PT. Cahaya Panam Perkasa, selaku rekanan pemenang lelang dengan masa kerja 180 hari kalender, terhitung 2 Juli 2018 sampai 28 Desember 2018, dengan konsultan perencana CV. Citratama Arsitek dan Konsultan Pengawas CV. Indrawati Arsitektur.

Di acara yang sama, Bupati Rokaan Hulu H.Sukiman dalam sambutannya mengharapkan dengan Mako baru, maka terus terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat di daerahnya yang berjuluk Negeri Seribu Suluk tersebut.

Seluruh aparat Kepolisian di jajaran Polres Rohul diharapkan Bupati dapat meningkatkan kembali semangat untuk tetap melayani masyarakat.‎

"Saat ini sudah berjalan dengan baik, dan mudah-mudahan dengan terbangunnya markas baru ini menambah semangat pula untuk pekerjaan di dalam rangka meningkatkan keamanan," harap Bupati".

Sementara itu, Kapolda Riau dalam sambutannya mengatakan pada kunjungannya ke Kabupaten Rokan Hulu, sekaligus meresmikan Mako Polres Rohul juga membawa serta sejumlah perwira Polda Riau.

Dengan diresmikannya gedung Mako Polres baru ini, Kapolda Riau mengharapkan kinerja dan pelayanan Kepolisian di Rohul terhadap masyarakat terus meningkat, dalam menjalankan tugas Polri.

"Harapan saya kepada Kapolres tingkatkan kerjasama yang sudah baik dengan pak Bupati, dengan seluruh segenap unsur Forkompimda di Kabupaten Rokan Hulu ini," harapnya.

"Ke depannya agar lebih baik lagi, sehingga bersinergi antara kelembagaan ini dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ujar Kapolda Riau.

Usai meresmikan, Kapolda Riau didampingi Bupati Rohul juga berkeliling, meninjau langsung beberapa ruangan yang ada di Mako Polres Rohul, termasuk sel tahanan di gedung baru ini.

Masih di kunjungan kerjanya di Kabupaten Rohul tersebut, Kapolda Riau juga menyalurkan sejumlah bantuan, termasuk bantuan untuk anak-anak panti asuhan, dan pompa air untuk membantu proses pemadaman saat terjadi kebakaran lahan dan hutan.***(ds)


Berita Lainnya

Index
Galeri