Sering Ditanam di Dalam Rumah, Ternyata Bunga Ini Berbahaya dan Sudah Menelan Korban!

Sering Ditanam di Dalam Rumah, Ternyata Bunga Ini Berbahaya dan Sudah Menelan Korban!

Dieffenbachia, atau yang biasa dikenal sebagai bunga bahagia ini sangat umum dijumpai dipekarangan rumah. Namun, siapa sangka jika tanaman ini juga merupakan tanaman yang cukup berbahaya. Baru-baru ini dikabarkan jika bunga bahagia menelan korban.

Menurut World of Buzz Kamis (20/6/2019), pengguna Facebook membagikan postingan di mana anaknya alami hal mengerikan karena tanaman ini. Pengguna Facebook yang tidak disebutkan namanya ini mengatakan, putrinya bernama Nashwa secara tidak sengaja menggigit salah satu tanaman hias ini.

Awalnya, dia tidak begitu khawatir sampai suatu hal buruk terjadi, ternyata tanaman ini tergolong salah satu tanaman beracun. Sialnya, pada saat itu Nashwa yang masih berusia 4 tahun sendirian sementara sang ibu masih mengurus anaknya yang lebih kecil.

Kemudian Nashwa datang sambil berlari sambil menangis, ibunya memeriksa apakah anaknya memiliki luka memar, namun tidak ditemukan luka apapun.

Awalnya, putrinya ini tidak mau mencerikan kejadian sebenarnya namun setelah dibujuk dia menceritakan semuanya bahwa dia menggigit salah satu tanaman di sekitar rumah.

Ibu yang khawatir menemukan bahwa tanaman bunga bahagia ini memiliki kandungan kristal kalsium oksalat yang berbentuk jarum atau disebut dengan raphides.

Ketika dikunyah, getah dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan termasuk mati rasa, iritasi mulut, air liur yang berlebihan dan pembengkakan. Dengan terisak tangis, Naswa menutup mulutnya kemudian kejang, dan mengeluarkan air liur tak terkendali.

Ibunya segera membawanya ke rumah sakit, kemudian dokter segera memberikan pertolongan darurat, dia mengatakan beruntung Nashwa tidak menelannya. Karena jika dilakukan itu akan menyebabkan saluran napasnya tersumbat.

Dokter meresepkan obat dan pil untuk gadis kecil ini, kemudian selang beberapa waktu dia sembuh. Kemudian, ibu Nashwa memperingatkan kepada orang tua di luar sana untuk berhati-hati jika memiliki tanaman ini.

Meski mudah dirawat, getah pada tanaman ini cukup berbahaya dan beracun, jauhkan jika Kamu memiliki anak-anak ataupun hewan peliharaan di rumah.

Dikutip Waffles At Non Perpustakaan Kedokteran Nasional AS dan Institut Kesehatan Nasional yang didedikasikan untuk keracunan Dieffenbachia. Menjelaskan makan tanaman dapat menyebabkan keracunan karena adanya asam oksalat dan protein Asparagine di dalam tanaman.

Seperti disebutkan di atas, penanganan Dieffenbachia dapat mengiritasi kulit, dan mata juga dapat terpengaruh jika digosok oleh area kulit yang telah bersentuhan dengan tanaman.


Berita Lainnya

Index
Galeri