Loading...
SERBA-SERBI

Ini 5 Fase Akhir Zaman Menurut Islam, Nomor 4 Sudah Terasa

Sejak Nabi Muhammad SAW diutus untuk menyebarkan agama Islam, bisa disebut dunia ini sudah berada di akhir zaman. Disebut akhir zaman karena tidak akan ada lagi nabi setelah Nabi Muhammad sampai kiamat.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW secara spesifik membagi akhir zaman menjadi lima fase zaman. Berikut hadistnya yang diriwayatkan oleh Nu’man bin Basyir dari Hudzaifah bin Yaman, Rasulullah bersabda:

“Masa kenabian itu berada di tengah-tengah kalian, adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Selanjutnya adalah masa Khilafah yang mengikuti jejak kenabian, adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya.

Loading...

Selanjutnya masa kerajaan yang menggigit, adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Setelah itu, masa kerajaan yang sombong, adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Selanjutnya adalah masa Khilafah yang mengikuti jejak kenabian. Kemudian beliau (Nabi) diam.” (HR. Ahmad)

Berikut sedikit rincian setiap 5 fase akhir zaman tersebut yang informasinya dihimpun dari berbagai sumber:

1. Masa Kenabian

Fase akhir zaman

Ini adalah zaman di mana Nabi Muhammad hidup sampai beliau wafat. Masa ini dimulai saat Rasulullah diutus membawa agama Islam kepada kaum Quraisy di Mekah. Meskipun harus melalui berbagai macam rintangan berat, Islam semakin tumbuh pesat hingga seluruh Arab ketika itu menganut agama Islam.

Berkat pengorbanan Rasulullah dan para sahabat dulu, Islam bisa tersebar ke seluruh dunia dan bertahan sampai sekarang. Wafatnya Rasulullah menjadi tanda dari akhir masa kenabian karena tidak akan ada lagi Nabi setelah Nabi Muhammad.

2. Masa Kekhalifahan

Fase akhir zaman

Setelah Nabi Muhammad wafat, dimulailah zaman kekhalifahan yang diawali oleh kepemimpinan Abu Bakar, kemudian dilanjutkan oleh Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan yang terakhir adalah Ali bin Abi Thalib.

Pada zaman kepemimpinan para khalifah ini, Islam berkembang sangat pesat sampai ke seluruh dunia. Pada masa inilah Islam berhasil menaklukan Romawi dan Persia. Waktu itu Islam benar-benar berjaya dan kehidupan masyarakat benar-benar berdasarkan anjuran nabi dan syariat Islam.

3. Masa Mulkan Adlon

Fase akhir zaman

Masa ini disebut juga masa ‘raja yang mengigit’ karena pada zaman ini kehidupan umat Muslim masih berpegang teguh pada sunnah Rasul dan ajaran Islam yang sebenarnya, meskipun hampir lepas.

Masa Mulkan Adlon diawali dengan kemunculan Dinasti Umayyah yang berlangsung selama 13 abad. Di zaman ini Islam semakin berjaya dan berada pada puncak keemasan. Di masa ini juga banyak ilmuwan muslim yang berhasil mengembangkan penemuan, seperti di bidang kedokteran, astronomi, matematika dan sebagainya.

Masa ini diakhiri dengan runtuhnya Dinasti Utsmaniyah di Turki pada tahun 1924. Setelah masa ini, baru masuk pada zaman yang sedang kita injak sekarang.

4. Masa Mulkan Jabariyyah

Fase akhir zaman

Pada masa ini, Islam mengalami kemunduran dan mengalami perpecah belahan. Padahal pada fase ini, jumlah umat Muslim lebih banyak, namun sayangnya mereka terbagi-bagi dalam banyak kelompok yang hanya mementingkan urusan pribadi.

Banyak yang mengaku bergama Islam, tapi tidak memegang teguh sunnah Rasul dan ajaran Islam yang sebenarnya. Ajaran Islam yang murni telah banyak diselewengkan demi meraih tujuan pribadi.

Di zaman ini kemaksiatan merajalela, korupsi di mana-mana, orang yang baik ditindas, sedangkan yang buruk dipuja, kebenaran dianggap kejahatan, sedangkan kejahatan dianggap kebenaran. Orang-orang fasik dijadikan pemimpin, sedangkan yang baik dihinakan. Pada zaman inilah Islam berada pada titik keterpurukan karena terpecah belah.

Bisa disebut masa ini adalah zaman modern yang sedang kita injak sekarang. Itu berarti kita sudah berada di fase keempat akhir zaman.

5. Masa Khalifah ‘ala Minhaaj al-Nubuwwah

Fase akhir zaman

Sesuai keterangan hadist Nabi, zaman modern yang sedang berlangsung sekarang suatu saat nanti akan mengalami kehancuran. Setelah zaman modern hancur, masa khalifah akan kembali ditegakkan di muka bumi. Masa ini seperti di zaman khalifah empat sahabat Nabi di mana ajaran Islam yang sebenarnya akan kembali ditegakkan dan umat Muslim seluruhnya bersatu.

Umat Islam yang awalnya terpuruk akan kembali pada puncak kejayaan. Kehidupan di masa ini begitu damai dan tentram karena berada di bawah pemimpin yang adil dan bijaksana.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video