Ribuan Tamu Undangan Kagumi Penampilan Damkar dan Satpol PP Pekanbaru

Rabu, 06 Maret 2019 | 17:31:47 WIB
Ribuan Tamu Undangan Kagumi Penampilan Damkar dan Satpol PP Pekanbaru
Ket Foto : Mendagri Tjahyo Kumolo hadir pada acara puncak HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas.

PEKANBARU - Penampilan kesatria biru dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan atau Damkar bersama Satpol PP pada Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar ke-100, HUT Satpol PP ke-69 dan HUT Satlinmas ke-57 di Studion Kaharuddin Nasution, Rabu (6/3/2019) membuat ribuan tamu udangan berdecak kagum.

Puncak HUT yang dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahyo Kumolo ini, juga diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia. Selain itu, ribuan tamu undangan juga ikut memadati studion yang berada di Kecamatan Rumbai Pesisir itu.

Salah satu acara dalam perayaan HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas ini menampilkan skill competition yang mengundang kekaguman penonton. Berbagai atraksi pertunjukan skill Damkar, Satpol PP, dan Linmas menarik perhatian penonton di bawah terik matahari yang menyengat.

Penampilan Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP.

Ada dua pesan yang disampaikan Mendagri RI Tjahyo Kumolo saat puncak HUT ini berlangsung. Ia berharap Damkar, Satpol PP dan Linmas semakin optimal melayani kebutuhan masyarakat.

"Damkar ternyata usianya melebihi usia Negara RI sendiri, maka kita ingin Damkar, Satpol PP, dan Linmas secara optimal melayani masyarakat. Sekecil apapun kebutuhan masyarakat, Damkar, Satpol PP dan Linmas harus siap terjun semaksimal yang dia mampu lakukan," ujar Tjahyo.

Lanjutnya, untuk mensukseskan Pemilu mendatang Damkar, Satpol PP, dan Linmas juga harus berperan. Ia meminta tiga kesatuan ini bersinergi dengan Polres dan Polda setempat, baik menjaga TPS, KPU dan sebagainya. "Jadi kedepannya, fungsi melayani masyarakat bukan hanya sebatas aspek perizinan tetapi juga aspek regulasi," pesannya.

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengucapkan selamat kepada ketiga instansi tersebut dan berharap agar ke depan, pelayanan di masing-masing instansi ini semakin meningkat seiring usia yang telah bertambah.

Penampilan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

"Kita sama-sama mengucapkan selamat ulang tahun kepada Damkar yang ke-100, Satpol PP ke-49 dan Linmas yang ke-57. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan semua sudah bekerja keras untuk menyiapkan yang terbaik hari ini, maka itu pula kita berdoa, mengharapkan semakin kedepan nantinya pelayanan kita kepada masyarakat di Damkar, Satpol PP dan Linmas juga semakin baik dan lebih maksimal," paparnya.

Apresiasi juga diutarakan oleh Kepala Dinas Damkar Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sudaryano R Lamongkona. Menurutnya perayaan HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas tahun ini menunjukkan bahwa ketiga instansi tersebut telah menunjukkan kerjakerasnya untuk melakukan persiapan.

"Menurut saya luar biasa, teman-teman dari daerah benar - benar bekerja dan penampilan hati ini sangat bagus. Dan juga sangat istimewa, tahun ini Kemendagri sangat berupaya mendorong bagaimana agar kemandirian ketiga instansi ini bisa diwujudkan," jelasnya. (Adv)