Ingin Ikut Merancang Maskot Asian Games 2018? Ini Syaratnya

Ingin Ikut Merancang Maskot Asian Games 2018? Ini Syaratnya
Drawa menjadi logo sekaligus maskot resmi Asian Games 2018 di Indonesia.
JAKARTA - Pemerintah resmi menggelar sayembara untuk merevisi maskot Asian Games 2018. Sayembara ini sebagai respons Kementerian Pemuda dan Olahraga atas kritik dan tanggapan masyarakat atas maskot Asian Games 2018 yang dianggap terlalu kuno. 
 
Maskot Asian Games yang diresmikan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 27 Desember 2015, dihujani kritik dari dalam hingga luar negeri. Maskot burung ‘Drawa” dianggap terlalu kuno. Burung yang berbaju pencak silat itu tak mirip dengan burung Cendrawasih, logo Asian Games. Banyak pihak menganggap maskot lebih mirip ayam.
 
Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot Dewa Broto mengatakan lamanya pembukaan sayembara ini lantaran Menteri Imam harus melapor pada Wakil Presiden Jusuf Kalla. Selain itu, Menteri Imam juga wajib melapor pada Olympic Council Asia (OCA). “OCA memahami dan menyetujui revisi, maka kami umumkan sekarang,” kata Gatot melalui siaran persnya, Sabtu (12/3/2016). 
 
Seluruh pendaftar wajib mengirimkan dokumennya ke [email protected] sebelum 31 Maret 2016. Pendaftar harus melalui dua tahapan seleksai. Pertama, pra seleksi yakni pemilihan kandidat perancang berdasarkan portofolio yang memenuhi syarat. Jika lolos melalui tahap ini, maka bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.Tahap selanjutnya adalah seleksi perancang yang memilih pemenang seleksi berdasarkan proposal rancangan yang diajukan. (max/tmp)
 
 
 
Berikut adalah syarat untuk mengikuti sayembara merancang maskot Asian Games 2018:
 
1. Terbuka untuk perorangan / perusahaan.
2. Pendaftar perorangan adalah individu atau kelompok yang merupakan Warga Negara Indonesia, dibuktikan dari kartu identitas resmi dan NPWP
3. Pendaftar untuk kelompok harap menunjuk 1 orang sebagai penanggungjawab.
4. Pendaftar perusahaan adalah badan usaha yang terdaftar secara resmi di Indonesia dibuktikan dengan kelengkapan SIUP, TDP dan NPWP.
5. Melampirkan biodata semua anggota tim yang terlibat baik pendaftar kelompok maupun perusahaan. Salah satu anggota tim memiliki pengalaman minimal 5 tahun di bidang sistem identitas dan pernah menangani pekerjaan sistem identitas kelas nasional atau internasional.
6. Bagi pendaftar perorangan, melampirkan biodata serta memiliki pengalaman minimal 5 tahun di bidang sistem identitas dan pernah menangani pekerjaan sistem identitas kelas nasional atau internasional.
7. Melampirkan portofolio berupa minimum 3 dan maximum 10 karya unggulan, disertai dengan penjelasan (tahun publikasi dan konsep karya).
8. Membuat surat pernyataan bahwa benar karya yang dilampirkan adalah karya dari kandidat dengan mencantumkan perannya dalam proyek tersebut. Kandidat pun bersedia bertanggungjawab atas kebenaran data tersebut.
9. Pemenang perancang sistem identitas Asian Games 2018 akan memperoleh hadiah sebesar seratus juta rupiah.
10. Bersedia menanggung biaya pajak dari hadiah sayembara sesuai peraturan yang berlaku.
 


Berita Lainnya

Index
Galeri