Riau Berstatus Siaga Darurat Karhutla

Riau Berstatus Siaga Darurat Karhutla
Arsyadjuliandi Rachman

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau resmi menaikan status provinsi Riau menjadi siaga darurat Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut). Kenaikan status ini menindaklanjuti setelah status yang sama terjadi di   kota Dumai, Rokan Hilir, Pelalawan dan Siak.

"Dumai, Rohil, Pelalawan dan Siak sudah menyatakan siaga darurat. Artinya Pemprov juga perlu meningkatkan status yang sama. Mulai pagi ini, hari ini kita nyatakan siaga darurat Karlahut di Provinsi Riau," kata Pelaksanan Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri), Arsyadjuliandi Rachman di Posko Karlahut Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (7/3/2016). Sebelumnya dua kabupaten terlebih dahulu menaikkan status siaga darurat yakni Kepulauan Meranti dan Bengkalis.

Menurutnya, peningkatan status perlu dilakukan demi percepatan pencegahan dan penanggulangan Karlahut di Riau yang kembali terjadi. Mantan anggota DPR RI ini juga berharap langkah ini akan mampu melakukan pemadaman secara maksimal agar Karlahut yang sudah terjadi di beberapa daerah tidak sampai meluas.

"Ini dilakukan agar pencegahan bisa dilakukan lebih cepat," ujarnya seperti dilansir riauterkini.com.

Hadir pada rapat Karlahut tersebut, Pangdam I Bukit Barisan Mayjend Lodewyjk Pusung, Danrem 031/WB Brigjend TNI Nurendi, Kapolda Riau Brigjend Pol Bambang Dolli Hermawan, Danlanud Marsekal Pertama Henri Alfiandi, serta berbagai unsur pemerintahan terkait termasuk para undangan lainnya. (das)


Berita Lainnya

Index
Galeri