INTERMEZZO

Mengerikan! Inilah 13 Peristiwa yang Terjadi Hari Jumat Tanggal 13

Mitos mengenai angka 13 yang dianggap keramat telah diyakini oleh banyak orang di dunia ini. Maka tak heran, jika nomor 13 selalu diidentikkan dengan hal mistis dan kerap ditampilkan dalam film horor.

Nah, mitos lainnya yang tak jauh beda adalah hari jumat. Sama halnya dengan angka 13, hari jumat juga selalu identik dengan hal-hal berbau horor. Bila digabungkan, jumat dan 13 kemudian dianggap sebagai hari yang tidak baik dan "mengerikan". Mengapa begitu?

Sama halnya dengan alasa-alasan yang menyebabkan munculnya mitos 'keramat' pada angka 13, menurut laman history, penyebab hari jumat menjadi hari 'keramat' juga dipercaya berkaitan dengan akar tradisi umat kristiani.

Yesus disalibkan pada hari jumat. Selain itu, Hawa membujuk Adam untuk makan apel yang menyebabkan mereka dijatuhi hukuman turun ke bumi pada hari jumat. Lalu, Kain membunuh saudaranya Habel pada hari jumat.

Sisi mistik tentang hari jum'at akan semakin terasa jika hari tersebut jatuh pada tanggal 13. Meskipun secara statistik, hal ini tak lebih dari sekedar takhayul, namun sejarah mencatat bahwa banyak hal-hal mengerikan yang terjadi pada jumat yang jatuh pada tanggal 13.

Dilansir dari laman Reader's diggest, berikut hal-hal mengerikan dalam sejarah yang kebetulan terjadi hari jumat tanggal 13.

1. Jumat, 13 Oktober 1307

Pada hari itu, Raja Perancis mengumpulkan dan menyiksa ribuan Kesatria Templar karena dianggap sebagai orang-orang sesat. Banyak yang menduga bahwa peristiwa ini yang menjadi awal mula hari jumat tanggal 13 menjadi hari yang menyeramkan. 

2. Jumat 13 November 1829 

Sepuluh ribu orang berkumpul untuk menyaksikan Sam Patch terjun dari gedung the Genesee Falls menuju ke Sungai Genesee di New York. Beberapa minggu sebelumnya, dia melompat dari Air Terjun Niagara dan berhasil menyelesaikan aksinya dengan sukses. Sayangnya, pada aksinya yang dilaksanakan hari jumat itu, dia gagal. 

3. Jumat 13 Oktober 1972 

Sebuah pesawat jatuh di pegunungan Andes. Dua belas orang meninggal seketika. Beberapa korban yang selamat terpaksa harus menjadi kanibal untuk bertahan hidup. 

4. Jumat 13 Oktober 1972 di Rusia 

Pada hari yang sama, seratus tujuh puluh empat orang tewas ketika sebuah pesawat Rusia jatuh saat mendarat di dekat Moskow. 

5. Jumat 13 Agustus 2010 

Seorang anak laki-laki berusia 13 tahun di Suffolk, Inggris, disambar petir. Petir tersebut menyambar pada pukul 1:13 atau 13:13 jika dihitung berdasarkan sistem waktu 24 jam. Ajaibnya, anak itu selamat tanpa cedera. 

6. Jumat 13 Oktober 2016 

Hampir setengah juta orang kehilangan harta benda saat kota Buffalo, New York, dan sekitarnya terkubur di bawah salju dengan ketebalan 55,9 sentimeter sampai 61 sentimeter. Tumpukan salju memang bukan hal yang aneh di bagian barat New York, tapi dengan ketebalan melebihi 50 sentimeter tentu bukan hal yang wajar, bukan? 

7. Jumat 13 Oktober 1989 

Pasar saham turun 6,91 persen pada hari itu. Peristiwa tersebut adalah hari terburuk kedua dalam sejarah pasar saham. 

8. Jumat 13 Juli 1979 

Bob Renphrey seorang pria dari North Wales memutuskan untuk tinggal di tempat tidur setiap hari Jumat tanggal 13 karena serentetan nasib buruk yang dideritanya pada hari sial itu. Yah, dia mengalami trauma karena setiap hari jumat tanggal 13 dia mengalami nasib buruk seperti berjalan melalui pintu kaca piring, dipecat, dan istrinya yang masuk rumah sakit karena terpukul kepalanya dengan tongkat yang sedianya untuk anjingnya. Lalu, pada hari jumat tanggal 13 lainnya, istrinya wafat karena jatuh dari tangga. 

9. Jumat 13 Juli 1951 

Setelah berhari-hari hujan deras turun di bagian timur laut Kansas, sungai-sungai meluap dan menghanyutkan krumah-rumah di Topeka, Lawrence, dan Manhattan. 

10. Jumat 13 Juli 1821 

Nathan Bedford Forrest, salah satu orang paling menakutkan lahir pada hari itu. Dia adalah pendiri Ku Klux Klan yang merupakan kelompok rasis ekstrem di Amerika. Kelompok tersebut mengangap ras kulit putih sebagai yang terbaik dan melakukan pembunuhan terhadap ras kulit hitam. 

11. Jumat 13 Januari 2012 

Kapal pesiar Costa Concordia tenggelam di pantai Italia setelah kandas. Peristiwa tersebut menewaskan 32 orang. 

12. Jumat 13 April 2029 

Asteroid 99942 Apophis diperkirakan akan melewati Bumi yang berjarak kurang lebih 18.000 mil, lebih dekat dari satelit mana pun yang telah kita terbangkan ke orbit. 

13. Setiap hari jumat tanggal 13 

Perekonomian dunia tampaknya kehilangan sekitar 900 juta dolar atau setara dengan 12,3 triliun rupiah. Menurut Donald Dassey selaku pendiri The Stress Management Center and Phobia Institute, ini terjadi karena orang-orang takut untuk bekerja dan melakukan perjalanan pada tanggal ini. Tahun ini, hari jumat tanggal 13 akan jatuh pada bulan April dan Juli. Kita berdoa saja agar tak terjadi hal mengerikan pada hari itu.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video