INTERMEZZO

Inilah Fakta Unik Masakan Padang yang Harus Kamu Tahu

Masakan Padang menjadi salah satu ciri khas kuliner Indonesia. Rasanya yang nendang dengan aneka bumbu rempah yang kuat, membuat makanan ini menjadi idola masyarakat Indonesia.

Bahkan masakan Padang dikenal hingga mancanegara dan diakui sebagai makanan terlezat di dunia. Tapi, tahukah kamu jika ada fakta unik dan menarik di balik kelezatan makanan Padang.

Executive Chef Padang Merdeka, Chef Iwan, Rabu (21/11/2018) mengungkapkan tentang keunikan tradisi yang diterapkan di Rumah Makan Padang.

1. Porsi nasi dibawa pulang lebih banyak daripada makan di tempat

Hal ini sudah menjadi pertanyaan masyarakat sejak lama. Statement ini dibenarkan oleh Chef Iwan. Menurutnya ini adalah tradisi masakan Padang sejak turun temurun. Mengapa? Karena jika nasi Padang di bungkus, maka bisa dikonsumsi ramai-ramai saat dimakan di rumah/sharing. Tapi jika makan di tempat, maka porsi hanya disesuaikan untuk satu orang.

2. Rendang makanan yang awet dan tahan lama

Sebagaimana diketahui makanan juara masakan Padang adalah rendang daging sapinya. Nah makanan yang kaya rempah dan santan ini ternyata awet dan tahan lama.

Dikatakan oleh Chef Iwan, rendang dimasak selama delapan jam dengan standar api tertentu. Disimpan di suhu ruang, rendang bisa bertahan selama 10 hari. Jika disimpan dengan baik di frezzer, rendang malah bisa bertahan selama 30 hari lho.

3. Sayur yang disajikan terdiri dari daun singkong, pepaya dan sayur nangka

Setiap membeli nasi Padang, sayur ini selalu ada. Sebenarnya ini lebih ke tradisi turun temurun orang Padang. Sayuran ini dinilai sangat nikmat jika disantap dengan berbagai macam bumbu pilihan. Chef Iwan menjelaskan satu masakan bisa menggunakan 50 macam bumbu dan semuanya adalah bumbu kebun.

4. Masakan padang selalu disediakan di atas etalase dengan kondisi dingin

Chef Iwan menjelaskan bahwa sebenarnya ada alasan khusus di balik cara ini. Menurutnya, kecepatan menjadi salah satu kunci utama masakan padang. Dengan menyediakan makanan di etalase, maka para pelanggan tak perlu berlama-lama menunggu hidangan untuk disajikan.

5. Tidak ada logo masakan Padang di rumah makan Sumatera Barat

“Sebenarnya di Sumatera Barat tidak ada logo masakan Padang. Karena masakan Padang di daerahnya sendiri biasa saja. Justru terkenalnya di luar Padang. Paling di Padangnya sendiri yang tertulis nama daerahnya saja,” tutur Chef Iwan.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video