Sempat Tertinggal dari Timor Leste, Tim Garuda Sukses Balikkan Keadaan Jadi 3-1

Sempat Tertinggal dari Timor Leste, Tim Garuda Sukses Balikkan Keadaan Jadi 3-1

JAKARTA - Timnas Indonesia sukses mendulang tiga poin saat menghadapi Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018) malam WIB. Sempat tertinggal lebih dulu di awal babak kedua, Tim Garuda mampu membalikkan keadaan dan memenangi laga dengan skor 3-1.

Kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Indonesia yang tampil di kandang sendiri, meski tampak GBK tidak terlalu ramai oleh suporter tuan rumah, sebenarnya mendominasi pertandingan setidaknya di 45 menit pertama.

AFFSuzukiCup.com mencatat statistik penguasaan bola Tim Garuda di babak pertama, 67,1 persen berbanding 32,9 persen milik Timor Leste. Tujuh percobaan pemain Indonesia hanya satu yang mengarah ke gawang lawan. Sementara Timor Leste melepaskan tiga upaya yang off target. Babak pertama berakhir 0-0.

Namun di awal babak kedua, Timor Leste mampu mencuri gol, tepatnya pada menit 48. Rufino Walter Gama melepaskan tendangan voli nan indah. Setelah mendapat umpan lambung dari lini tengah Gama melakukan sekali kontrol. Dengan percaya diri bola yang belum sempurna menyentuh tanah langsung ditembakkan dengan bagian kaki kanan. Bola melengkung meluncur deras ke pojok kiri atas gawang Andritany. 0-1 Indonesia tertinggal.

Gol yang membuat anak asuh Bima Sakti semakin agresif menggempur pertahanan Timor Leste. Akhirnya pada menit 60, Indonesia mampu memecah kebuntuan sekaligus menyamakan skor melalui bek sayap Alfath Fathier.

Setelah melakukan solorun di sisi kiri, Andik memberikan umpan kepada Alfath, dengan sekali kontrol pemain Madura United itu langsung melepaskan tendangan placing ke sisi kiri. Beruntung bagi Timnas Indonesia kiper Fagio Pereirasalah salah melakukan penyelamatan yang membuat bola masuk ke gawang sendiri. Skor berubah 1-1.

Indonesia bahkan bisa membalikkan keadaan pada menti 69 melalui penalti Stefano Lilipaly. Gelandang naturalisasi yang baru masuk menggantikan Septian David Maulana sukses melaksakanakn tugasnya sebagai algojo penalti. Hadiah penalti sendiri diperoleh Indonesia setelah Andik Vermansyah dijatuhkan di kotak terlarang. Tim Merah-Putih berbalik unggul 2-1.

Setelah unggul, Timnas Indonesia mulai nyaman dalam bermain. Tim asuhan Bima Sakti itu bisa memainkan satu-dua sentuhan dengan sangat baik, jauh berbeda dibandingkan dengan babak pertama.

Indonesia kemudian menambah keunggulan pada menit 82 melalui bomber utmanya, Alberto ‘Beto’ Goncalves. Memaksimalkan umpan manis Riko Simanjuntak, Beto dengan tenang menaklukkan kiper Timor Leste, Fagio Augusto lewat sundulannya. Indonesia pun unggul 3-1.

Hingga pertandingan usai, tidak ada lagi gol tercipta. Indonesia meraih tiga poin pertama di Piala AFF 2018. Kemenangan 3-1 ini membuat peluang Indonesia melaju ke semifinal kembali terbuka. Dengan koleksi 3 poin, Tim Garuda menempati peringkat 2 klasemen sementara Grup B. Dua tim lainnya, Singapura dan Filipina mengoleksi poin sama.

Susunan Pemain Indonesia vs Timor Leste

Indonesia (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (gk);Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama, Fachruddin Aryanto, Alfath Fathier; M Hargianto, Septian David Maulana, Evan Dimas; Andik Vermansah, Febri Hariyadi; Alberto Goncalves

Timor Leste (3-4-3): Fagio Augusto (gk); Jose Gutierres, Gumario Augusto, Adelino Trindade; Feliciano Pinheiro, Nataniel De Jesus, Filomeno Junior, Armindo De Almeida; Joao Pedro, Rufino Walter Gama, Henrique Wilson


Berita Lainnya

Index
Galeri