INTERMEZZO

Tahukah Kamu? Inilah 15 Tanda Sebelum Ajal Menjemput

Kematian merupakan rahasia Allah SWT yang tidak bisa ditentukan oleh manusia pada usia berapa orang akan meninggal. Sebagai orang yang beriman kita harus percaya akan datangnya hari akhir atau hari kematian. Kematian adalah terputusnya kehidupan di dunia untuk melakukan perjalanan menuju akhirat di mana hanya amal kebaikan saja yang akan dibawa.

Tidak ada satu orangpun yang bisa mencegah datangnya ajal itu semua adalah kehendak dan takdir Allah SWT. Manusia hanya bisa mengenali tanda kematian. Ada 15 tanda-tanda sebelum kematian antara lain:

1. Tanda-Tanda Kematian Dilihat 6 Bulan

Menjelang ajal atau menjelang kematian orang biasanya tampak gelisah hal ini bisa dirasakan pada orang yang akan meninggalkan kita semua. Tidak bisa melihat bayangannya sendiri walaupun sudah berada di bawah sinar bulan atau di bawah sinar matahari sekalipun. Bayangan yang dicari yang biasanya terlihat tapi ini tidak terlihat ia tidak bisa melihat bayangannya sendiri, tidak ada lagi bayangannya.

2. Bisa Melihat Bintang Pada Siang Hari

Tanda-tanda menjelang kematian tiba, orang yang akan meninggal bisa melihat bintang pada siang hari sedangkan orang lain tidak bisa melihatnya. Hal ini bisa dilakukan oleh orang yang akan meninggal saja bahwa ia tidak bisa melihat bintang pada malam hari sedangkan pada siang hari ia bisa melihatnya. Sungguh itu merupakan hal yang luar biasa yang tidak bisa di talar oleh akal sehat, itu semua merupakan kehendak Allah SWT.

3. Napas Udara Terasa Dingin

Pada umumnya orang menghembuskan nafas pada telapak tangan akan terasa panas tapi bagi orang mempunyai tanda-tanda kematian menghembuskan nafas ke telapak tangan akan terasa dingin. Hal ini perlu adanya perhatian, walaupun ajal hanyalah kuasa Allah SWT tapi kita harus mengetahuinya agar bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Tanda-tanda kematian tidak diberikan oleh kebanyakan orang. Hanya orang-orang yang beriman saja yang mampu memahaminya.

4. Menatap Matahari  Tidak Merasa Silau

Kematian merupakan takdir Allah tidak ada seorangpun yang bisa mencegahnya, mengenali tanda-tanda kematian sebelum kematian datang bisa saja diketahui tapi tidak semua manusia mengalaminya dan tanda-tanda kematiannyapun berbeda satu sama lain tergantung amal sholeh yang dilakukan semasa hidupnya. Ada yang bisa menatap matahari secara langsung tanpa merasa silau. Tanpa menggunakan kaca mata atau pelindung mata orang yang akan meninggal ada yang  bisa melihat matahari secara langsung.

5. Telingan Menjadi Kusut dan Kusam

Bagi orang yang akan meninggalkan kita semua terkadang anggota tubuh pada orang tersebut mengalami perubahan termasuk pada telinga. Tanda-tanda kematian pada anggota tubuh salah satunya adalah telinga pada orang yang akan meninggal tampak menciut atau mengecil dan tampak kusam kelihatannya. Tapi tidak semua orang mengalami tanda tersebut hal ini hanya Allah SWT yang Maha Tahu segalanya apa yang akan terjadi.

6. Warna Tinja Menjadi Putih

Semua manusia hidup pasti akan mengalami kematian tapi kita tidak tahu kapan ajal akan menjemput kita hanya Allah SWT yang tahu. Manusia yang beriman pasti akan percaya akan hari kematian karena semua itu sudah ada di dalam Alqur’an. Tanda-tanda kematian yang terdapat pada orang yang akan meninggal bisa dilihat dari buang air besar atau tinja akan berwarna putih pucat. Bisa saja mungkin karena sedang mengalami gangguan pencernaan sehingga tinja menjadi putih. Tapi bagi orang sehat dan buang air besar dengan tinja berwarna putih perlu diperhatikan.

7. Pada Bagian Kuku Tidak Ada Aliran Darah

Pada bagian kuku orang yang akan meninggal sudah tidak ada lagi aliran darah sehingga jika ditekan maka tidak  berwarna merah tapi tetap putih pucat. Tanda-tanda kematian seseorang dilihat dari amal sholeh orang tersebut, bagaimana orang yang beriman akan lebih mudah meninggalnya. Bagi yang sadar dengan kehadiran tanda-tanda kematian maka orang tersebut akan memanfaatkan masa yang ada untuk mempersiapkan diri dengan amalan dan urusan yang akan dibawa atau yang ditinggalkan sesudah mati.

8. 100 Hari Sebelum Kematian

Tanda-tanda kematian pertama dari Allah SWT pada hambanaya dan hanya akan disadari bagi mereka yang dikehendaki Nya. Tanda ini akan belaku lazimnya selepas waktu Ashar, seluruh tubuh akan mengalami getaran atau seakan-akan menggigil dari ujung rambut sampai ujung kaki. Tanda ini rasanya nikmat bagi mereka yang yang sadar akan tanda tersebut tetapi bagi orang yang tidak memperhatikannya maka akan berlalu begitu saja dan tanpa disadarinya.

9. 40 Hari Sebelum Kematian

Tanda-tanda kematian ini juga berlaku sesudah waktu Ashar, malaikat maut akan mengikuti kita tanpa disadarinya. Kamu akan merasa bingung dan takut siapa bayangan yang selalu mengikuti kamana kamu pergi. Akan terjadi malaikat maut ini memperlihatkan wajahnya sekilas dan jika terjadi, maka mereka yang terpilih akan bingung seketika. Adapun malaikat maut ini wujudnya menyerupai seseorang tetapi kausanya untuk mencabut nyawa semua manusia yang sudah datang ajalnya.1

10. 7 Hari Sebelum Kematian

Tanda-tanda kematian ini biasanya pada orang yang sedang mengalami sakit parah dan tidak mempunyai nafsu makan sekali. Tenaga menjadi lemah kondisi badan kurus tidak mempunyai gairah sama sekali. Makanan tidak bisa masuk sehingga harus dilakukan infus untuk mendapatkan makanan. Namun tiba-tiba mendadak ingin makan dengan lahapnya, nafsu makan meningkat dan hal ini berlangsung sampai beberapa hari selalu ingin makan karena adanya rasa lapar.

11.  3 Hari Sebelum Kematian

Kematian akan dialami oleh semua orang, tanda-tanda sebelum kematian datang akan dirasakan oleh semua orang tapi kadang ada orang yang merasakan dan ada orang yang tidak merasakannya atau tanpa menyadarinya. Pada hari ketiga menjelang kematian akan merasakan denyutan pada dahi tengah yitu antara dahi kanan dan dahi kiri. Bagi orang yang menyadarinya hendaknya berpuasalah agar perut tidak terisi oleh najis dan mempermudah dalan mengurusnya. Tapi kadang orang tidak menyadarinya akan datang tanda tersebut.

12. 1 Hari Sebelum Kematian

Tanda-tanda kematian yang lain yang dirasakan oleh orang yang akan meninggal adanya denyutan yang terjadi di sekitar ubun-ubun. Dimana akan menandakan tidak akan sempat memasuki waktu Ashar keesokan harinya. Hal ini terjadi sehari sebelum seseorang akan mengalami kematian sehari sebelumnya akan merasakan denyutan dibelakang atau di kawasan ubun-ubun. Semua kematian pada setiap orang berbeda tergantung dari amalan yang dimiliki orang tersebut.

13. Ada Suara di Atas Genting

Tanda-Tanda kematian yang lain akan datang suara yang menandakan  bahwa malaikat maut akan datang biasanya berupa suara yang tidak diketahui datangnya dari mana tapi seakan-akan datang dari atas genting dimana seseorang tinggal. Suara tersebut merupakan bertanda bahwa malaikat maut akan datang segera setelah waktunya tiba. Tanda tersebut hanya sebagian orang yang mengetahuinya. Semua tanda-tanda kematian adalah kehendak Allah agar orang selalu ingat akan kematian.

14. Kematian Pada Tahap Akhir

Tanda-Tanda Kematian yang lain adalah akan terjadi dimana akan merasakan sejuk dibagian pusat rasa itu akan turun ke pinggang dan seterusnya dan akan sampai pada perut kemudain kerongkongan, maka hendaknya mengucapkan kalimat Syahadat dan berdiam diri untuk menantikan malaikat maut datang dan menjemput kita kembali kehadirat Allah SWT yang telah menghidupkan kita dan kembali lagi pada Nya dengan membawa amalan yang telah dilakukan di dunia.

15. Tanda-Tanda Kematian Akan Datang Malaikat Maut

Sebagaimana Sabda Rosullullah S.A.W.  Apabila telah sampai ajal seseorang itu maka akan masuklah satu kumpulan malaikat ke dalam lubang-lubang kecil dalam badan dan kemudian mereka menarik rohnya melalui kedua telapak kakinya sehingga sampai ke lutut hingga sampai keperut dan kemudian mereka ke luar. Datang lagi kumpulan malaikat masuk dan menarik roh dari perut hingga sampai ke dada dan kemudian mereka ke luar. Dan terakhir datang lagi sekumpulan malaikat masuk dan Menarik roh dari dada hingga sampai ke kerongkongan dan saat itulah yang dikatakan saat nazak orang itu.

Itulah 15 tanda-tanda kematian  walaupun kematian merupakan rahasia Allah SWT yang tidak seorang pun yang tahu kapan terjadinya. Sebagai orang beriman kita harus mempersiapkan diri sedini mungkin dengan amal sholeh dan meningkatkan keimanan kita untuk bekal di akherat, Bahwa hidup sesudah mati akan terjadi dan itu semua adalah ketentuan Allah SWT. Semoga penjelasan ini penambah keimanan Kita semua kepada Allah SWT. Amin



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video