Nasib Sepakbola Indonesia Ditentukan Mei Mendatang

Nasib Sepakbola Indonesia Ditentukan Mei Mendatang
FIFA

ZURICH - Nasib sepakbola Indonesia dan Kuwait akan dibahas dalam kongres biasa FIFA pada Mei 2016 di Meksiko. Komite Eksekutif FIFA pun memutuskan Indonesia dan Kuwait yang sedang menjalani skorsing dipastikan tidak memiliki suara dalam pemilihan Presiden FIFA, Jumat (26/2/2016) besok. 

“Terkait anggota yang sedang menjalani sanksi suspensi, Indonesia dan Kuwait, komite eksekutif merekomendasikan, permasalahan kasus mereka akan dibahas dalam kongres biasa di Meksiko pada Mei nanti,” demikian pernyataan FIFA di Zurich, Swiss, seperti dijutip dari beritasatu.com, Kamis (25/2/2016).

FIFA juga menekankan, kemungkinan adanya perdebatan untuk memulihkan status Indonesia atau Kuwait sangat kecil direalisasikan. "Sudah hampir pasti kongres akan mengikuti rekomendasi [dari Exco],” tegas juru bicara FIFA.

Dengan keputusan Exco tersebut, pemungutan suara untuk menentukan presiden FIFA akan diikuti 207 anggota.

Kebijakan Exco FIFA itu juga menutup peluang Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala AFF 2016 menggantikan Filipina. Sebab, federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF) direncanakan menggelar rapat pengganti Filipina pada 12 Maret di Da Nang, Vietnam.

Indonesia mendapat skorsing dari FIFA sejak bulan Mei tahun lalu setelah intervensi pemerintah melalui Kempora yang memberikan sanksi kepada PSSI. Begitu juga dengan Kuwait yang mendapat sanksi sejak bulan Oktober tahun lalu. (das/bsc)


Berita Lainnya

Index
Galeri