4 Lokasi di Indonesia Ini Mirip Mata Dajjal, 1 Sudah Dibongkar

4 Lokasi di Indonesia Ini Mirip Mata Dajjal, 1 Sudah Dibongkar

JAKARTA - Video dan foto taman mirip mata Dajjal menjadi perbincangan ramai di media sosial. Taman tersebut dibangun di beberapa daerah, seperti Mamuju Sulawesi Barat, Bangka Belitung, dan Kota Bukittinggi. Bahkan salah satu ikon Kota Jakarta, Bundaran Hotel Indonesia (HI) juga dianggap mirip mata Dajjal. Penampakan dari udara menunjukkan Bundaran HI berbentuk elips, menyerupai mata.

Siapa itu Dajjal? Dilansir Wikipedia, Dajjal adalah seorang tokoh dalam eskatologi Islam yang akan muncul menjelang kiamat. Dajal dikatakan kafir dan jahat, pembawa fitnah dan menjadi ujian terbesar bagi umat manusia. Para ulama mengatakan, Dajjal memiliki ciri fisik seperti cacat pada mata kirinya, memiliki rambut keriting dan lebat. Pendapat lain mengatakan mata kanannya buta. Bahkan ada yang menyebut Dajjal hanya memiliki satu mata.

Berikut ini 4 lokasi yang dianggap mirip mata Dajjal di Indonesia:

1. Taman di Kawasan Air Itam Bangka Belitung

Taman Dajjal Bangka Belitung

Taman yang rencananya difungsikan sebagai ruang terbuka hijau di kawasan Air Itam, Pangkalpinang, Bangka Belitung belakangan ini menjadi perbincangan netizen. Hal tersebut dikarenakan foto taman yang diambil dari udara melalui Google Maps dianggap mirip dengan mata Dajjal.

Foto penampakan taman mirip mata Dajjal ini telah ditanggapi Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. Ia mengatakan, Pemprov Babel akan mengubah bentuk taman tersebut jika dipermasalahkan masyarakat. “Jika banyak dipermasalahkan, rubah saja kalau begitu,” ucap Erzaldi.

2. Taman di Pantai Manakarra Sulawesi Barat

Taman Mata Dajjal Mamuju Sulbar

Taman di Pantai Manakarra Mamuju Sulawesi Barat tidak kalah hebohnya dengan Taman di Kawasan Air Itam. Taman di Pantai Manakarra ini mendapat protes dari masyarakat Mamuju karena menyerupai mata Dajjal. Jika dilihat dari udara, taman tersebut terlihat seperti mata yang berada di pingggir laut. Setelah mendapatkan banyak protes dari masyarakat, Taman Pantai Manakarra ini akhirnya dibongkar oleh pemerintah.

3. Taman Jam Gadang Kota Bukittinggi

Taman Dajjal Bukit Tinggi

Taman Jam Gadang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat juga dianggap mirip Mata Dajjal. Jika dilihat dari udara, taman tersebut terlihat seperti mata raksasa. Karenanya, warga menyebut taman tersebut sebagai Taman Mata Dajjal. Taman itu dibangun di Pedestrian Jam Gadang. Taman ini inilai mirip mata Dajjal.

Namun Pemkot Bukit Tinggi membantah keras tudingan warganya. Pemkot menilai, desain taman Pedestrian Jam Gadang tidak mirip mata Dajjal. “Tak benar itu, tak mungkin ada simbol seperti itu, tak mungkin pula disengajakan,” ucap Yulman, Kepala Bagian Humas Pemko Bukittinggi. Yulman menjelaskan, jika desain taman tersebut berbentuk bulat. Bukan seperti yang dituduhkan netizen yang berbentuk elips.

4. Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta

Bundaran HI Mata Dajjal

Bundaran Hotel Indonesia atau Bundaran HI juga tak luput dari perhatian publik. Salah satu ikon Kota Jakarta ini juga dianggap menyerupai mata Dajjal. Jika dilihat dari atas, Bundaran HI tampak seperti penampakan mata manusia. Bentuknya elips. Bgian tengahnya hitam. Karenanya, beberapa warganet menyebut Bundaran HI sebagai simbol mata Dajjal yang tersembunyi.

Kendati demikian, banyak juga warganet yang menolak jika Bundaran HI disebut mirip mata Dajjal. “Bentuknya memang seperti mata. Tapi bukan mirip mata Dajjal kok. Gimana mau sebut mirip, orang mata Dajjal aja belum pernah liat,” ucap warga DKI Jakarta, Siti Hasnah (38).


Berita Lainnya

Index
Galeri