Balai Bahasa Riau Gelar Pekan Bahasa dan Sastra, Ini Syarat dan Jadwalnya

Balai Bahasa Riau Gelar Pekan Bahasa dan Sastra, Ini Syarat dan Jadwalnya

PEKANBARU - Untuk menggairahkan dan menyemarakkan penggunaan berbahasa dan bersastra, serta meningkatkan prestasi literasi, Balai Bahasa Provinsi Riau akan menyelenggarakan Pekan Bahasa dan Sastra, yang dilaksanakan di Hotel pesona Pekanbaru, dari tanggal 3 hingga 7 September 2018 mendatang.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, Drs Umar Solikhan, M Hum mengatakan , sejak awal dilaksankaan kegiatan peringatan pekan sastra tersebut tahun 2014 lalu, hingga saat ini merupakan tahun kelima diselenggarakan kegiatan tersebut.

“Ini merupakan tahun kelima kami laksanakan kegiatan pekan sastra. Kami mengundang masyarakat umum dan pegawai di berbagai instansi untuk ikut bergabung dalam kegiatan ini,” kata Umar kepada Tribun diu ruang kerjanya, Senin (27/8).

Dikatakan Umar, adapun tema yang diangkat pihaknya untuk tahun ini adalah Melalui Pekan Bahasa dan Sastra Kita Tingkatkan Prestasi dan Literasi Anak Bangsa.

“Tujuan kita mengambil tema ini adalah meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya sastra di Riau, dan meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap Bahasa Indonesia,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini, beberapa lomba pendaftaran masih dibuka hingga saat ini. Di antaranya adalah, dendang syair, lomba pidato tingkat SMP, dan lomba pembawa acara untuk instansi.

“Kuotanya sampai 50 peserta, hingga saat ini masih belum penuh terisi pesertanya. Sedangkan untuk lomba musikalisasi puisi dan debat berbahasa Indonesia kuotanya sudah penuh. Nantinya pemuncak musikalisasi puisi akan dikirim ke tingkat nasional, pada Oktober 2018 mendatang,” tuturnya.

Dijelaskannya, pendaftaran peserta pekan bahasa sudah dimulai sejak 9 Agustus 2018 lalu, hingga 2 September 2018, melalui sambungan telepon narahubung. Kemudian peserta wajib mendaftar ulang sebelum lomba dilaksanakan.

Sedangkan untuk ketentuan umumnya adalah, peserta merupakan warga provinsi Riau, yang dibuktikan dengan identitas SIM, KTP, kartu siswa atau mahasiswa.

Kemudian membawa surat tugas dari sekolah/instansi, berpakaian sopan, dan mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. “Kegiatan ini tidak dipungut biaya, tapi wajib memenuhi ketentuan yang telah kita jadikan sebagai syarat untuk mengikuti lomba,” ulasnya.

Adapun jadwal lomba adalah, lomba dendang syair pada 3 September, lomba pidato 3 September, musikalisasi puisi 4 September, Pewara 5 September, dan lomba debat berbahasa Indonesia tanggal 6 September 2018.

Narahubung untuk masing-masing lomba adalah, lomba dendang syair, Marlina 08127630790, musikalisasi puisi Sri Sabakti 081365783535, lomba pewara Devi Fauziyah 081275131011, dan lomba debat berbahasa Indonesia Yeni Maulina 082173403366.


Berita Lainnya

Index
Galeri