Loading...
RIAU

Jamaah Haji Asal Riau Bersiap Kembali ke Tanah Air, Sampai di Batam Hari Rabu

PEKANBARU - Jamaah Haji asal Riau bersiap pulang ke tanah air setelah menjalani ibadah haji, dan akan sampai di Batam pada Rabu tanggal 29 Agustus.

Sebagaimana dijadwalkan jamaah haji asal Riau untuk kloter pertama akan mendarat di Bandara Hang Nadim Batam Rabu (29/8). Saat ini jamaah haji asal Riau sedang bersiap-siap untuk kembali ke tanah air.

"Kami sedang siap-siap mau balik lagi, semua rangkaian ibadah sudah dijalani Alhamdulillah," ujar Rahmad Rahim jemaah asal Pekanbaru Riau yang mendarat Rabu mendatang di Batam.

Loading...

Menurut Rahmad Rahim yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Provinsi Riau ini Jemaah haji Riau lainnya juga sama sedang mempersiapkan diri untuk kembali lagi ke tanah air.

Sebagaimana diketahui jutaan JH dari seluruh penjuru dunia telah melaksanakan seluruh tahapan wajib haji, mulai dari umrah, puncak haji wukuf di Arafah, Musdalifah, melontar Jamarat di Mina, tawaf ifadah, dan terakhir tawaf Wadak atau perpisahan menjelang keberangkatan ke tanah air.

Rahmad Rahim, untuk pelayanan Pemerihtah Indonesia dan Arab Saudi terhadap jamaah cukup baik tahun ini. Dimana jamaah ditempatkan di hotel yang ada di Mekkah.

Pelayanan bus yang setiap menit mengangkut jamaah ke Masjidil Haram. Makanan pun mencukupi, termasuk ketersediaan air minum dan buah-buatan.

“Kalau pelayanan cukup baik selama di Mekkah. Catatannya hanya ada di Mina saja, untuk tenda tidak memadai bagi jamaah. Kalau bisa ditambah lagi, termasuk toilet yang jauh dari cukup. Kasian jamaah harus menunggu lama untuk ke toilet. Bahkan ada dari jamaah yang terpaksa buang air di luar toilet. Saya yakin masukan ini bisa mempermudah jamaah kita ke depannya dilayani lebih baik lagi di Mina,” harapnya.

Diakhir catatannya, Rahmad Rahim berpesan agar semua semua jamaah Indonesia umumnya dan jamaah Riau khususnya menjadi haji yang mabrur. Berbagai rintangan dan cobaan yang telah dialami selama berada di tanah suci.

“InsyaAllah menjadi haji mabrur seluruh jamaah. Ke depan pemerintah kalau bisa jalanilah haji sesuai dengan perjalanan nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau, Ahmad Supardi Hasibuan mengatakan, untuk kloter pertama Riau akan tiba di Hang Nadim Batam Rabu (29/8) pukul 08.15 WIB.

"Tiba di Batam Rabu pukul 08.15 WIB. Take off dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada Selasa pukul 19.15 WAS. Selisih waktu 4 jam," jelas Ahmad Supardi kepada Tribunpekanbaru.com.

Menurut Ahmad Supardi, kondisi JH asal Riau semuanya cukup baik dan untuk yang sakit juga tidak banyak dan hanya sakit biasa saja.

"Alhamdulillah cukup baik, dan sekarang persiapan pulang. Sedangkan gelombang dua menuju Madinah untuk Arba'ien. Kemudian pulang ke tanah air via bandara AMAA Madinah, "ujarnya.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video