Masyarakat Kuansing Gelar Uji Coba Pacu Jalur di Tepian Teluk Bayur Guntor

Masyarakat Kuansing Gelar Uji Coba Pacu Jalur di Tepian Teluk Bayur Guntor

TELUKKUANTAN - Masyarakat menggelar uji coba Festival Pacu Jalur (FPJ) di Tepian Teluk Bayur Guntor Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau guna melihat kemampuan serta persiapan menghadapi kegiatan nasional berhadiah sebesar Rp37 juta itu.

"Kami laksanakan ajang uji coba, ternyata pesertanya dari berbagai kecamatan," kata Ketua Panitia pelaksana pacu jalur ajang uji coba Desa Gunung, Kuantan Singingi Aidil Fitro di Telukkuantan, Rabu (18/7/2018).

Ia mengatakan, menjelang pelaksanaan Festival Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi Agustus 2018, sejumlah wilayah menggelar ivent ajang uji coba, salah satunya di Kecamatan Gunung Toar yang dijadwalkan berlangsung 19 - 21 Juli 2018.

Pihak panitia telah menyiapkan sejumlah hadiah menarik untuk diperebutkan, pemenang tentu dapat ikut serta pada festival nasional yang dilaksanakan di tepian narosa Kota Teluk Kuantan, ajang uji coba adalah langkah untuk meguji kemampuan atlet dayung. "Kami maksimalkan lomba jalur ini, karean selain melihat kemampuan dan persiapan juga sebagai huburan masyarakat," sebutnya.

Pihak panitia mengundang peserta dari sejumlah kecamatan yakni Hulu Kuantan, Kuantan Mudik, Kuantan Tengah, Sentajo Raya, Benai, Pangean, Kuantan Hilir dan Kuantan Hilir Seberang.

Sedangkan hadiah yang akan diperebutkan pada pacu jalur ajang uji coba Desa Gunung sebesar Rp37 juta, rinciannya untuk juara 1 sebesar Rp10 juta serta trofi, Juara 2 sebesar Rp8,5 Juta dan trofi, peringkat tiga Rp6 juta dan trofi, ke empat Rp4 juta, kelima Rp3,5 Juta, keenam  hingga ke sepuluh Rp1 juta untuk sebuah jalur. "Ada 11 jalur yang siap berlaga, terdaftar," ujarnya.

Jalur tersebut bersala dari sejumlah kecamatan yakni Kalojengking Tigo Jumbalang Dari Desa Sungai Manau Kuantan Mudik, Putri Selendang Merak Sungai Dubaling dari KUD Unit Cengar Kuantan Mudik, Kahulu Jantan Danau Kompe.

Klinik Almafas Dari Desa Benai Kecil Benai dan Halilintar Gelombang Cahaya Putih dari Desa Sungai Kelelawar Hulu Kuantan.

Selain itu ada juga, Jalur Sepuluh Pendekar Klinik Malika dari Desa Seberang Taluk Kuantan Tengah, Pangeran Fortuna Bintang Samudera Dari Desa Pulau Rumput Gunung Toar, Carano Kuansing dari Desa Koto Tuo Kopah Kuantan Tengah.

Jalur Power Agung dari Desa Koto Gunung Gunung Toar dan Penentuan  Batang Kuantan dari Desa Sawah Kuantan Tengah, Panglimo Sati dari Desa Toar Gunung Toar dan Jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dari Desa Kampung Baru Gunung Toar. "Semua peserta sudah mempersiapkan diri dan terlihat sportif," tegasnya.

Masyarakat Kuantan Singingi optimis ajang uji coba tersebut berjalan sukses dan dapat menghibur masyarakat setempat. "Kami yakin dukungan semua pihak sangat tinggi," sebut Reflizar.


Berita Lainnya

Index
Galeri