PPDB SMP di Pekanbaru Dibuka Empat Jalur

PPDB SMP di Pekanbaru Dibuka Empat Jalur
Ilustrasi (net)

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru menetapkan empat jalur pendaftaran untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). PPDB tahun ini akan dibuka pada tanggal 2 Juli hingga 4 Juli 2018 mendatang.

"Jalur tersebut meliputi peserta didik zonasi, peserta didik kurang mampu, peserta didik prestasi dan peserta didik luar kota," kata Kepala Disdik Kota Pekanbaru H Abdul Jamal, Mpd, Minggu (20/5/2018).

Ia menjelaskan, jalur peserta didik zonasi diperuntukan bagi calon siswa sesuai dengan domisili yang telah ditetapkan. Artinya siswa dapat memilih sekolah yang masuk dalam zonasi yang telah  ditentukan tersebut.

Selain itu, siswa juga dapat memilih sekolah lintas zonasi khusus untuk SMPN 1,  SMPN 4, SMPN 5, SMPN 10,SMPN 13 dengan kuota sebesar 10 persen. Seleksinya, kata Jamal, berdasarkan Nilai Akhir Mata Pelajaran US (Ujian Sekolah). 

"Pengumuman hasil akhir dapat diakses disitus https://pekanbaru.siap-ppdb.com," kata dia.

Untuk jalur peserta didik kurang mampu diperuntukan bagi calon peserta didik baru yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Keluarga Harapan (KKH), Kartu Indonesia Sehat (KIS). Seleksi berdasarkan nilai akhir mata pelajaran US.

Jalur peserta didik prestasi diperuntukan bagi calon yang memiliki  penghargaan prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Seleksi berdasarkan skor atau poin prestasi sesuai dengan yang diperoleh masing-masing peserta didik.

"Jalur pendaftaran PPDB terakhir SMP adalah untuk peserta didik luar kota. Ini untuk calon siswa tamatan luar kota dengan memiliki surat keterangan domisili dalam Kota Pekanbaru. Peserta didik bebas memilih sekolah sesuai dengan surat  keterangan domisili," jelasnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri