Loading...
NASIONAL

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Mulai Puasa Ramadan Hari Ini

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah memulai puasa Ramadan hari ini dan sudah menggelar salat tarawih tadi malam. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

JAKARTA - Jamaah Tarekat Naqsabandiyah, Sumatera Barat sudah mulai melaksanakan puasa Ramadhan 1439 Hijriah hari ini, Selasa (15/5/2018). Tadi malam para pengikutnya sudah melaksanakan salat tarawih.

Pimpinan Tarekat Naqsabandiyah Syafri Malin Mudo menyatakan, mereka memulai puasa Ramadan lebih dulu karena ada perbedaan perhitungan dalam kalender Islam.

"Kami mengambil sistem hisab berdasarkan malam saat Rasulullah SAW hijrah dari Mekah ke Madinah," kata Syafri Malin Mudo di Padang seperti dilansir dari Antara.

Loading...

Menurutnya, Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah pada Rabu petang dan malam Kamis.

Artinya, kata Syafri, satu hari puasa dihitung berdasarkan malam nabi hijrah dan perhitungannya setiap tahun Hijriah puasa digenapkan menjadi 30 hari.

Naqsabandiyah berpuasa dalam setahun dengan perhitungan 30 hari puasa Ramadhan dan 6 hari puasa Syawal.

Dengan demikian, Idul Fitri akan jatuh pada 1 Syawal tepatnya 13 Juni 2018.

Terkait kemungkinan adanya perbedaan pelakasanaan puasa dengan pemerintah dan organisasi Islam lainnya, Syafri menghormatinya sebagai kekayaan pemikiran dan tetap mengajak untuk melaksanakan puasa dengan khusyuk.

Pemerintah sendiri baru akan menetapkan awal Ramadan dalam sidang isbat yang digelar hari ini. Sementara Muhammadiyah sudah menetapkan bahwa awal Ramadan1439 H jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video