Litbang PARNA Indonesia Adakan Workshop Penulisan Penelitian dan Buku Ajar di SMA N3 Batam

Litbang PARNA Indonesia Adakan Workshop Penulisan Penelitian dan Buku Ajar di SMA N3 Batam

BATAM - Litbang PARNA Indonesia adakan workshop di SMA N3 Batam dengan tema Writing Research Paper and Textbook and Lecture Notes, di Aula SMA N3 Batam, Kamis (3/5/2018).

Kepala Sekolah SMA N3 Batam Vivi Kusuma Effendi dalam sambutannya mengharapkan workshop ini dapat memotivasi guru-guru dalam membuat karya tulis ilmiah maupun buku ajar.

“Vivi meminta ada hasil dari keluaran workshop ini, terutama membantu guru dalam menerbitkan bukunya agar ber ISBN,” pintanya sambil membuka acara workshop.

Narasumber dalam workshop ini adalah Arjon Turnip PhD dari LIPI dan Dr Janner Simarmata dari Universitas Negeri Medan.

Arjon Turnip dalam materinya menyampaikan tentang penulisan penelitian, dimana ia mengatakan cukup dengan menggunakan metode IMRAD (Pendahuluan, Metode, Hasil, Diskusi dan Kesimpulan).

Sementara, Janner Simarmata materinya tentang penulisan buku ajar yang baik. “Janner Simarmata menuturkan dalam menulis buku ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya etika penulisan buku, karakteristik buku dan format penulisan.

Diakhir pemaparannya, Janner menyampaikan tentang cek autoplagiasi serta hal-hal yang penting diperhatikan dalam memilih penerbit buku.

Workshop ini dihadiri 30 an guru-guru SMA N3 Batam yang dimulai dari pukul 09.00 dan akan berakhir pada pukul 14.30. Acara ini sendiri diinisiasi oleh Lagat Siadari MH yang juga anggota Litbang PARNA Indonesia Batam.


Berita Lainnya

Index
Galeri