Ini Harapan Kado Istimewa Cabang Rutan Bagansiapiapi

Ini Harapan Kado Istimewa Cabang Rutan Bagansiapiapi

PEKANBARU - Kepala Cabang Rutan Bagansiapiapi, Jupri berharap Cabrut Bagansiapiapi dapat naik statusnya menjadi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 3 pada April 2018 ini.

Pejabat jebolan Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP)  ini menyampaikan harapannya di hadapan seluruh pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam apel peringatan Hari Jadi Pemasyarakatan ke 54 yang jatuh tahun 2018 ini.

"Kita berharap bulan ini atau Mei mendatang, prosesnya sudah selesai dan ini bisa jadi kado terbaik untuk kita semua yang bertepatan dengan hari jadi pemasyarakatan," kata Jupri, Senin pagi, 9 April 2018.

Ia menjelaskan, kini prosesnya tengah dibahas antara Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Jupri juga berharap dukungan positif dari pihak legislatif yang ada di DPR RI agar mampu mendorong peningkatan status Cabrut Bagansiapiapi yang tahun 2017 lalu tercatat sebagai rutan terpadat se-Indonesia.

Peningkatan status ini diharapkan mampu menyelesaikan masalah kepadatan hunian WBP yang menjadi polemik di sebagian besar Rutan dan Lapas se-Indonesia. 

"Prosesnya memang cukup panjang karena peningkatan status tentu sejalan dengan peningkatan penggunaan anggaran negara. Tapi kita optimis saja pemasyarakatan kita terus dapat kita benahi bersama-sama oleh semua pihak," urainya.

Menurut data per-hari ini, jumlah WBP yang ada di Cabang Rutan Bagansiapiapi mencapai angka 777 orang, terdiri dari 312 orang tahanan dan 465 orang narapidana. Sementara itu, kapasitas hunian hanya 98 orang. (rls)


Berita Lainnya

Index
Galeri