Waduh! Kuansing Masih Berhutang ke BPJS Rp1,2 Miliar dari Tahun 2004?

Waduh! Kuansing Masih Berhutang ke BPJS Rp1,2 Miliar dari Tahun 2004?
Ilustrasi.

TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi ternyata masih memiliki utang kepada BPJS sebesar Rp1,2 miliar. Hutang tersebut dihitung dari tahun 2004 hingga sekarang.

Atas tunggakan tersebut, KPK telah mengirim surat kepada Pemkab Kuansing agar segera dilunasi. Jika tidak dibayar, maka, Dana Alokasi Umum (DAU) akan dipotong oleh BPJS. Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Hendra AP saat berbincang dengan riauterkinicom, Kamis (15/3/2018). "Surat KPK itu pekan lalu kami terima," kata Hendra.

Atas surat tersebut, kata Hendra, Pemkab Kuansing tidak lantas mengakui hutang tersebut. Sebab, pemerintah meminta penjelasan terlebih dahulu dari pihak BPJS data yang akurat. "Kok tiba tiba ada hutang, padahal tiap tahun itu kan ada audit dari BPK. Nggak ada temuan hutang Pemkab ke BPJS,. Apalagi dari tahun 2004 lalu," ujar Hendra.

Hendra meminta pihak BPJS agar menyediakan data mulai dari tahun 2004 lalu itu. Yang membuat heran kata Hendra, hutang ke BPJS itu telah ada dari tahun 2004, sementara BPJS itu baru berdiri beberapa tahun belakangan ini. "Dulu kan Askes. BPJS ini baru berdiri. Sementara kita sudah berhutang ke BPJS dari 2004. Makanya saya minta valid nya," tutur Hendra.

Plt Sekda Kuansing Kaget

Menanggapi soal utang ke BPJS itu, Plt Sekda Muharlius mengaku kaget. Bahkan dia belum melihat surat komisi anti rasuah itu. "Saya belum lihat suratnya. Kok bisa, dulu kan belum ada BPJS. Saat itu hanya ada Askes," tutur Muharlius kepada riauterkinicom, Kamis (15/3/18).

Sementara Askes itu dulunya hanya untuk golongan pegawai. Dan lagi pembayarannya langsung dipotong gaji pegawai setiap bulannya. "Terus darimana tunggakannya," terangnya.

Sedangkan BPJS ini, kata Muharlius, baru didirikan beberapa tahun belakangan ini. Dan lagi hutang ke BPJS sudah dibayarkan. "Gak ada hutang kita ke BPJS," tutup Muharlius.

Sumber: Riauterkini.com


Berita Lainnya

Index
Galeri